Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana, dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Hasil MotoGP Valencia 2021: Ducati Sangat Berbahaya

15 November 2021   01:21 Diperbarui: 15 November 2021   01:25 148 22 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seri pamungkas MotoGP 2021, dikuasai Ducati. Sumber: AFP/Jose Jordan/via Kompas.com

Judul itu rasanya pas untuk menggambarkan balapan terakhir MotoGP 2021 di Valencia (14/11). Ducati terlalu tangguh!

Karena terlalu kuat, sampai membuat pembalap non-Ducati keteteran. Bahkan, salah satunya harus nyungsep.

Siapa lagi kalau bukan Alex Rins. Seolah-olah sudah menjadi tanda "cinta" bagi Rins, bahwa jika dirinya tampil sangat cepat dan agresif, maka dirinya kemungkinan besar akan tersungkur tak lama kemudian.

Itulah yang membuat Rins sering dikritik, karena sering gagal mengelola kecepatannya. Tidak seperti Joan Mir. Mir cenderung lebih dewasa dan tahu kapan harus menyerang, kapan harus bertahan.

Tindakan itu juga terjadi ketika Mir terlihat kesulitan menandingi pembalap Ducati, seperti Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Dia akhirnya memilih berada di belakang Rins yang terlihat lebih kencang dan mampu mengikuti kecepatan Ducati, terutama di tikungan.

Hanya saja, usaha Rins harus berakhir di pasir. Dia terjatuh saat akan melibas tikungan ke kiri. Tim Suzuki pun terkejut dan sedih.

Rins bikin sakit kepala timnya kambuh. Sumber: via Motogp/Transmedia/Trans7
Rins bikin sakit kepala timnya kambuh. Sumber: via Motogp/Transmedia/Trans7

Bahkan, bisa saja Joan Mir yang ada di belakang Rins juga memaki dalam pikirannya, karena lagi-lagi rekannya gagal diandalkan untuk merusak dominasi Ducati. Itu terbukti selepas Rins jatuh, Ducati mulai memperlihatkan kekuatannya yang tak tertandingi.

Mir yang sebenarnya berupaya mengejar Martin dan Bagnaia, malah makin tercecer dan tergerus oleh Jack Miller. Miller kembali bangkit di pertengahan balap setelah di awal balapan diasapi duo Suzuki Ecstar.

Jatuhnya Rins seperti mendukung strategi Miller yang cenderung terlihat menyimpan tenaga untuk 'comeback' di sepertiga akhir balapan. Itu pun terbukti setelah dirinya bisa menyalip Mir, dan makin menjauh dari jangkauan Mir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan