Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana, dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Australia, tapi...

27 Oktober 2021   00:41 Diperbarui: 27 Oktober 2021   17:32 965 37 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemain timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi, dihadang 2 pemain timnas Australia saat bertanding di laga Kualifikasi Piala Asia U23 2022 di Tajikistan pada Selasa (26/10/2021). Sumber: PSSI via Kompas.com

Tim nasional Indonesia U-23 sudah menjalani laga pertama babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan satu-satunya lawan di grup G, yaitu Australia. Asnawi Mangkualam dkk. bertindak terlebih dahulu sebagai tim tuan rumah meski laga digelar di Tajikistan (26/10).

Awal babak pertama berjalan sangat mendebarkan bagi tim asuhan Shin Tae-yong, karena Australia langsung memberi tekanan ke pertahanan Indonesia sejak menit pertama. Bahkan, di menit ke-5, Australia mendapatkan penalti.

Beruntung, Ernando Ari Sutaryadi berhasil mengantisipasi arah bola dan eksekusi Patrick Wood gagal menjadi gol pembuka. Meski begitu, Australia tidak menurunkan intensitas serangan ke pertahanan Indonesia.

Ernando pun dipaksa jatuh-bangun untuk mengantisipasi serangan lawan yang berhasil lolos dari kawalan Rizky Ridho dan kawan-kawan. Berkat Ernando--tanpa mendiskreditkan para pemain bertahan, gawang Indonesia bisa bersih sampai babak pertama usai.

Babak kedua seperti menjadi rencana permainan ulang bagi Australia. Bedanya, jika di babak pertama mereka masih kurang beruntung, kali ini mereka lebih beruntung.

Itu bisa dibuktikan dengan gol yang tercipta lewat sundulan akurat Marc Tokich, memanfaatkan eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Lachlan Brook. Beberapa menit kemudian, Australia berhasil menggandakan keunggulan menjadi 0-2, setelah Patrick Wood membayar kegagalan eksekusi penaltinya di babak pertama.

Meski tertinggal 0-2, rupanya timnas kita tidak pantang menyerah. Mereka mulai keluar menyerang, dan beruntung gol yang dicari pun tercipta. Tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Witan Sulaeman berhasil membuat kiper Australia tak berdaya.

Skor 1-2 membuka asa bagi timnas Indonesia untuk menghindar dari kekalahan sekaligus sedikit meringankan beban untuk laga kedua nanti. Namun, harapan ideal itu buyar, setelah Jacob Italiano sukses membuat gol ketiga bagi Australia.

Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia U-23 di laga pertama (26/10) kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Sumber: Dokumentasi PSSI
Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia U-23 di laga pertama (26/10) kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Sumber: Dokumentasi PSSI

Sekali lagi, Asnawi dkk. tidak menunjukkan langkah gontai menjelang 10 menit akhir pertandingan. Mereka makin menggempur pertahanan Australia, dan Taufik Hidayat yang masuk sebagai pemain pengganti, sukses mencetak gol setelah memanfaatkan peluang dari Gunansar Mandowen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan