Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penyuka Sepak Bola. Segala tulisan selalu tak luput dari kesalahan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Membedakan Suka Liga dengan Suka Tim Nasional (Bagian 1)

27 Juni 2021   21:24 Diperbarui: 27 Juni 2021   21:31 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Inggris menjadi salah satu tim kuat di Euro 2020. Sumber: AFP/GLYN KIRK/via Kompas.com

Siapa pun memang punya kesukaan yang berbeda. Ada yang punya alasan, masuk akal, dan ada yang kurang masuk akal. Biasanya bersembunyi pada kata "feeling".

Tidak apa-apa. itu hak, kok.

Tetapi, terkadang saya perlu membahas tentang mengapa seseorang ketika menyukai sesuatu sebaiknya tetap ada upaya memilih, membandingkan, dan memikirkan apa indikator dalam menyukai. Bahkan, sekalipun indikatornya kurang masuk akal.

Ini juga bisa diterapkan dalam menyukai sepak bola. Orang yang menyukai sepak bola secara umum memang akan menyukai permainannya, tetapi secara khusus orang tersebut biasanya akan menyukai yang lebih spesifik.

Bisa klub, bisa liga, bisa pula pemainnya, pelatihnya, bahkan juga menyukai tim nasional selain tim nasional dari negaranya sendiri. Contohnya saya, yang menyukai Timnas Prancis walaupun bukan orang Prancis.

Kenapa harus Prancis? Bukankah jawara Piala Dunia 2006 adalah Italia?

Betul. Tetapi, saya menyukai Prancis, karena tim nasional ini seperti terlihat inklusif dibandingkan tim nasional lain.

Sejauh yang saya tahu, tim nasional dari Eropa saat itu masih jarang yang mengandalkan pemain keturunan imigran sebanyak Prancis. Ini membuat saya merasa tertarik dengan Prancis.

Tentu, salah satu pemain yang membuat saya makin tertarik adalah Zinedine Zidane. Terlepas dari dirinya adalah pemain Juventus dan Real Madrid, bukan Inter Milan dan Barcelona.

Zidane menjadi pemain penting Timnas Prancis. Sumber: Dokumentasi Goal/via Kompas.com
Zidane menjadi pemain penting Timnas Prancis. Sumber: Dokumentasi Goal/via Kompas.com
Lagipula, di tahun itu, saya masih belum terlalu memilih klub mana yang saya sukai. Walaupun, kecenderungan saya ketika ada Real Madrid dan Barcelona, saya akan memilih Barcelona.

Berbeda dengan di Italia. Saat itu, saya masih abu-abu. Hanya yang membuat kepastian adalah saya tidak tertarik kepada Juventus. Kenapa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun