Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penyuka Sepak Bola. Segala tulisan selalu tak luput dari kesalahan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Kronologi Peretasan yang Saya Alami

26 Mei 2021   16:24 Diperbarui: 26 Mei 2021   18:20 532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi keamanan dalam perangkat digital. Sumber: Pexels/Pixabay

Tulisan ini berisi kronologi yang saya pikir cukup lengkap untuk menceritakan bagaimana peretasan bisa saya alami.

Kronologi peretasannya menurut saya dapat dimulai dari setelah saya membaca isi pesan masuk dalam akun surat elektronik (surel/e-mail) yang terlihat aneh namun tetap saya klik. Faktor penasaran yang tinggi membuat jempol saya bergerak untuk mengeksekusi.

Sejak itu, saya terus berpikir tentang keanehan di dalam pesan surel tersebut. Bagaimana bisa surel yang terlihat seperti saling berbincang masuk ke inbox surel saya?

Kemudian, tanpa saya sadari, sebenarnya surel itu tergolong spam. Ternyata, sebenarnya ada banyak surel spam yang masuk ke kotak spam dan baru saya sadari ketika saya sudah merasa ada yang sangat tidak beres dengan ponsel saya.

Jika dibaca sekilas dari baris paling atas dari isi surelnya yang terlihat, seperti menggunakan kosakata formal, namun hal itu sangat mencurigakan. Beruntung, surel-surel itu masuk spam, dan tidak saya buka.

Surel spam yang apesnya saya buka. Sumber: Dokumentasi Deddy Husein S.
Surel spam yang apesnya saya buka. Sumber: Dokumentasi Deddy Husein S.
Surel yang masuk spam. Totalnya 30-an. Sumber: Dokumentasi Deddy Husein S.
Surel yang masuk spam. Totalnya 30-an. Sumber: Dokumentasi Deddy Husein S.
Namun tetap saja, sejak itu, saya seperti mendapatkan banyak teror. Seperti nomor ponsel yang terlihat sedang dicoba untuk dibobol. Kemudian, ada peretasan pada akun WA yang nomornya digunakan sebagai data pemulihan akun surel tersebut.

Saat membuka Chrome untuk mengakses Kompasiana dan laman lainnya, saya juga sering mendapati kemunculan pop-up situs yang isinya tentang horoskop. Memang, saya suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan zodiak, tetapi tidak begini juga caranya.

Tidak berhenti di situ, ketika membuka Youtube, saya juga sering melihat tampilan tiba-tiba seperti muncul pop-up yang mengarah ke Chrome. Padahal, saya tidak sedang menekan tombol apa pun, seperti iklan atau pengaturan yang memungkinkan laman Youtube berpindah dari Youtube ke aplikasi pencarian tersebut.

Pemutaran video juga tidak jarang terjeda tanpa saya jeda. Yang paling menyebalkan adalah pengaturan resolusi video yang biasanya saya atur dalam fitur Penghemat Data dan resolusi 144p, malah sering berubah-ubah antara 240p dan 360p.

Namun, tingkat kekesalan saya masih lebih tinggi ketika menghadapi pengambilalihan akun WA. Tentu, akun WA tersebut adalah akun yang sangat penting dalam konteks relasi kerja, termasuk untuk menghubungi admin Kompasiana kalau ada hal-hal yang perlu saya tanyakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun