Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com | Alamat surel: deddyhsuryanto@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Inter Milan Sudah Rebranding, Atalanta Kapan?

3 April 2021   12:05 Diperbarui: 4 April 2021   09:15 986 31 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inter Milan Sudah Rebranding, Atalanta Kapan?
Momen sarat makna terhadap Inter Milan musim ini. Sumber: AFP/Marco Bertorello via Kompas.com

Rabu, 31 Maret 2021, ketika sedang membuka akun media sosial, saya menemukan adanya serangkaian unggahan dari akun media sosial Inter Milan. Unggahan yang saya lihat adalah beberapa orang dengan mengenakan pakaian berlogo asing tapi cukup identik dengan Inter, yaitu 'IM'.

Karena penasaran, saya cek di laman akunnya, dan ternyata memang benar. Inter telah berganti logo. Sebuah kejutan, karena saya pernah melihat Inter sedikit mengubah logo pada 2014.

Bisa dikatakan masih segar perubahan itu dilakukan. Namun, Inter rupanya bergerak cepat untuk melakukan pembaharuan lagi terhadap logonya. Langkah ini bisa disebut sebagai rebranding.

Rebranding yang dilakukan klub bisa menyangkut pada logo, warna seragam (jersey) utama, juga nama. Nama yang berubah, maka itu bisa disebut sebagai rebranding, sama seperti saat logo atau misalnya warna yang mencirikan identitas juga diubah, maka itulah langkah rebranding.

Perubahan logo Inter Milan. Sumber: Footyheadlines.com
Perubahan logo Inter Milan. Sumber: Footyheadlines.com
Lalu, mengapa Inter Milan melakukannya lagi?

Jika saya terka-terka, ada beberapa poin yang dapat saya jadikan landasan dalam menilai langkah Inter Milan tersebut.

Pertama, Inter Milan adalah klub besar, dan mereka bisa dikatakan telah bangkit menjadi tim kuat lagi. Ini yang membuat klub perlu mengembangkan dan mempertahankan nilai tersebut di era yang baru.

Mereka tidak boleh kalah populer dengan Juventus. Generasi baru pada penggemar bola perlu memperhatikan Inter dan menganggap Inter Milan juga menarik.

Kedua, Inter perlu mempertahankan momentum. Ketika semua orang mulai kembali memperhatikan sepak terjangnya di lapangan, maka itulah saat yang tepat untuk membuat penyegaran terhadap identitas.

Sejak Inter dilatih Antonio Conte, pelan nan pasti dapat memperlihatkan diri sebagai klub kuat di Serie A. Artinya, mereka juga akan mulai digandrungi banyak orang.

Saat seperti itulah, Inter patut menunjukkan semangat baru dan semangat tinggi. Biasanya dengan pembaharuan pada identitas, secara tak disadari telah mampu mendorong semangat untuk membuktikan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN