Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com | Alamat surel: deddyhsuryanto@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Martin Odegaard, Real Madrid, dan Pemain Pinjaman

26 Maret 2021   00:49 Diperbarui: 26 Maret 2021   21:30 282 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Martin Odegaard, Real Madrid, dan Pemain Pinjaman
Martin Odegaard mencetak gol untuk Arsenal ke gawang Olympiakos (12/3). Gambar: AFP/Aris Messinis via Kompas.com

Penggemar sepak bola saat ini, apalagi penggemar Arsenal, sedang sangat familier dengan seorang pesepak bola bernama Martin Odegaard. Pemain asal Norwegia ini memang sedang bersemangat menunjukkan permainannya bersama Arsenal.

Sebenarnya, Odegaard merupakan pemain Real Madrid. Namun, sejak bergabung ke Real Madrid pada 2015, ia sulit menembus tim utama.

Tercatat di Wikipedia, bahwa Odegaard harus merasakan 3 kali dipinjamkan ke tiga klub berbeda. Arsenal kemudian menjadi pelabuhan keempat Odegaard sebagai pemain pinjaman El Real.

Menariknya, selama bergabung dengan 4 klub berbeda itu, Odegaard terlihat tidak hanya menitip presensi di daftar skuad. Ia justru turut bermain dan memberikan kontribusi yang tidak sedikit.

Itu yang kemudian menjadi tanda tanya. Apakah Odegaard masih belum sesuai harapan Real Madrid, atau Real Madrid yang tidak bisa menaruh target pasti kepada Odegaard.

Sebenarnya, apa yang dialami Odegaard juga dialami oleh pemain Real Madrid lain yang bergabung sejak muda. Sebut saja Roberto Soldado dan Alvaro Negredo. Mereka adalah generasi 2000-an akhir yang hampir bisa dikatakan tidak disadari telah pernah berada di Real Madrid.

Untuk pemain yang bisa dikatakan seangkatan dengan Odegaard, ada Dani Ceballos yang juga merupakan pemain yang dipinjam Arsenal. Kemudian, ada Borja Mayoral serta Marco Asensio.

Sejauh ini, hanya Marco Asensio yang dapat menunjukkan keberhasilannya memperkuat tim utama, sekalipun tidak terlalu sering bermain reguler. Namun, ini terlihat lebih baik daripada Odegaard, Ceballos, dan Mayoral yang masih harus melalangbuana dengan kedok mencari ilmu.

Selain mereka, ada beberapa pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke klub lain. Satu di antara mereka ada nama yang sempat naik daun, Luka Jovic. Pemain asal Serbia ini akhirnya kembali ke Eintracht Frankfurt sebagai pemain pinjaman.

Menariknya, para pemain yang dipinjamkan bisa dikatakan dapat bangkit di klub baru. Berikut ini adalah beberapa pemain pinjaman Real Madrid yang bisa dikatakan telah memberikan kontribusi kepada klub penerima kedatangannya.

Martin Odegaard
Sudah pasti harus menyertakan nama ini terlebih dahulu. Odegaard bisa dikatakan telah mampu memberikan pengaruh positif kepada klub penampungnya, Arsenal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x