Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sevilla Juga Berpeluang untuk Juara La Liga 2020

20 Juni 2020   20:55 Diperbarui: 21 Juni 2020   19:03 31 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sevilla Juga Berpeluang untuk Juara La Liga 2020
Sevilla sedang memperoleh momentum bangkit sebagai tim kuat di La Liga musim 2019/20. Gambar: AFP/CRISTINA QUICLER via Kompas

Tentu ini bukan judul clickbait. Karena, semua yang sudah mengikuti kabar terbaru pertandingan La Liga pasti mengetahui alasannya. Seperti yang sudah kita tahu lanjutan La Liga pekan 30 sudah berlangsung, salah satunya adalah duel Sevilla vs Barcelona (19/6).

Laga yang berlangsung di Ramon Sanchez Pizjuan itu memang berakhir tanpa gol (0-0) seperti final Coppa Italia (18/6). Namun secara permainan keduanya cukup ketat, yang artinya lebih menarik dibandingkan final tersebut.

Sevilla mengimbangi dominasi penguasaan bola lawannya dengan agresivitas dalam membangun serangan balik dan menggalang pertahanan yang solid. Memang, ada beberapa momen memperlihatkan kerasnya cara bertahan Sevilla, namun itu sangat efektif untuk menahan kapasitas menyerang Barcelona.

Baca juga: Memahami Marahnya Messi (Hadi Santoso)

Lionel Messi bahkan terlihat ngambek, karena perlakuan pemain Sevilla dalam mengawal pergerakannya. Rekan-rekannya juga terlihat gagal bermain efektif, meski mereka memiliki beberapa peluang, salah satunya dari tendangan first touch Luis Suarez.

Hasil imbang ini kemudian membuat publik penikmat La Liga mulai bergemuruh. Bagi penggemar Real Madrid ini adalah kesempatan emas untuk dapat menyamakan poin atau malah menggeser Barcelona dari puncak klasemen sementara.

Syaratnya, Real Madrid harus menang besar kala berhadapan dengan Real Sociedad. Secara head to head, Real Madrid dijagokan untuk menang. Apalagi dalam dua laga terakhir mereka tidak begitu kesulitan untuk mencetak gol.

Karim Benzema juga terlihat on fire, selain ada Marco Asensio yang berhasil comeback pasca cedera panjang. Begitu pula dengan mulai kliknya Eden Hazard dengan rekan-rekannya khususnya Benzema. Ini menjadi modal penting untuk menempel ketat Barcelona.

Hanya, yang menjadi perhitungan selanjutnya adalah bagaimana dengan klub lainnya? Khusus untuk musim ini, La Liga cukup punya potensi untuk mengakhiri musim dengan menaruh lebih dari dua klub berada di jajaran atas dengan selisih poin tak banyak.

Salah satu kandidat terkuat adalah Sevilla. Sepertinya sudah lama Sevilla tidak sedekat ini di papan atas La Liga, meski mereka sebenarnya klub yang juga terpandang di Eropa.

Meski dalam sedekade terakhir Sevilla tak mampu memenangkan La Liga, namun dalam urusan Eropa mereka adalah salah satu yang terbaik, khususnya di Liga Eropa. Mereka pernah mengantongi hattrick juara Liga Eropa ketika masih dilatih Unai Emery.

Julen Lopetegui dianggap telah bekerja keras untuk membawa Sevilla terlihat meyakinkan seperti sekarang. Gambar: AFP/DANIEL MIHAILESCU via Kompas
Julen Lopetegui dianggap telah bekerja keras untuk membawa Sevilla terlihat meyakinkan seperti sekarang. Gambar: AFP/DANIEL MIHAILESCU via Kompas
Kini mereka dilatih oleh Julen Lopetegui yang sejarah kariernya tak beda jauh dengan Gennaro Gattuso. Pelatih yang pernah menukangi timnas Spanyol itu adalah pelatih yang pernah dipecat oleh Real Madrid.

Baca juga: Belajar dari Gattuso (Hadi Santoso)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x