Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penyuka Sepak Bola. Segala tulisan selalu tak luput dari kesalahan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ngabuburit dengan Membuat Vlog di Youtube

4 Mei 2020   18:15 Diperbarui: 4 Mei 2020   18:22 368
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi membuat video. | Gambar: Shutterstock via Suara.com

Sebenarnya saya ingin memberikan ulasan tentang aktivitas menarik lainnya--tulisannya bahkan sudah jadi dan siap tayang. Namun, berhubung yang sedang ditemakan adalah "ide ngabuburit kreatif", maka saya rekomendasikan salah satu cara lain untuk menantikan waktu berbuka puasa.

Saran ini sebenarnya terkorelasikan dengan fenomena masa kini, yang mana sejak pandemi corona melanda Indonesia, kini masyarakat telah terbiasa untuk makaryo ing dalem, sinau nang omah, dan tentunya mulai menaati PSBB. Saya pun menganggap cara ini pasti bisa dilakukan.

Toh, kemarin ada yang viral tentang guru menjadi youtuber. Jadi, cara ini seharusnya tidak begitu sulit. Ditambah, kemarin Kompasiana juga telah memaksa banyak orang kembali menjadi vlogger dadakan dengan konten kuliner di rumah.

Baca juga: Guru Jadi Youtuber Dadakan (Yulia Yusuf)

Saya pun dengan berani merekomendasikan kalian untuk juga melakukan hal ini di akun atau channel Youtube masing-masing. Yaitu, mengulas apa yang disukai dan menjadikannya sebagai konten.

Baca juga: Vlog Ide Sahur Sederhana Ala Anak Kost

Sebenarnya cara ini bisa dilakukan dengan media tulisan seperti di Kompasiana. Toh, pendaftar akun di Kompasiana semakin hari juga semakin banyak. Tak begitu kalah dengan pendaftar channel Youtube yang terkadang isinya hanya tentang gimmick dan klarifikasi.

Baca juga: Jangan Viralkan Konten Youtuber Sampah (Himam Miladi)

Salah satu contoh dari konten di channel saya yang belum seberapa banyak subscriber-nya ini adalah me-review sesuatu yang saya suka. Kebetulan saya saat itu pernah sedang gandrung-gandrungnya membaca komik digital, maka saya pun membuat konten review komik digital*.

Memang belum semua komik yang pernah saya baca dapat saya review. Banyak alasannya. Meski saya juga merasa ingin kembali menekuninya.

Kini, untuk membuat channel saya sedikit hidup kembali, saya pun mengunggah segment atau playlist terbaru yang bernama Review Buku**. Ini untuk membuat channel saya sedikit terlihat produktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun