Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Specs Jadi Bola Resmi Liga Indonesia, Sebuah "Jalan" Baru Produk Lokal

6 Februari 2020   16:08 Diperbarui: 6 Februari 2020   18:21 199 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Specs Jadi Bola Resmi Liga Indonesia, Sebuah "Jalan" Baru Produk Lokal
Resmi, Liga Indonesia akan menggunakan bola Specs di musim 2020. Sumber gambar: Instagram Specs Indonesia

Terhitung pada musim 2020 ini, kompetisi sepak bola Indonesia akan digelar dengan bola resmi lokal yang bernama SPECS. Hal ini membuat produk bola Mitre yang merupakan apparel brand asal Inggris harus "angkat kaki" dari lapangan bola Indonesia.

Suatu hal yang menarik, karena ini menjadi langkah pertama Indonesia dalam mengarungi musim kompetisi tidak dengan bola dari brand asing.

Bahkan, di musim kompetisi yang masih bernama Indonesia Super League (ISL) untuk kasta tertingginya, saat itu Indonesia seperti kompetisi Eropa dan dunia yang mana menggunakan bola yang bercorak Nike.

Tidak mengherankan jika pemandangan bolanya saat itu seperti bola-bola yang digunakan pemain-pemain kelas dunia di Liga Inggris, Spanyol, dan Italia.

Uniknya, Nike saat itu menyediakan corak warna khusus untuk membedakan antara bola yang digunakan di Eropa, Asia, dan benua lain. Bahkan untuk di Eropa, bola Nike yang digunakan Liga Inggris dengan Liga Spanyol berbeda.

Keberadaan bola Nike saat itu di sepak bola Indonesia secara tersirat seperti simbol penyetaraan mutu liga, khususnya dalam hal apparel resmi sebagai salah satu bentuk facilities support di sepak bola. Tanpa embel-embel nasionalisme, masyarakat Indonesia yang khususnya merupakan penikmat sepak bola akan merasa bangga jika melihat bola internasional juga digunakan di kompetisi sepak bola nasional.

Namun, seiring berjalannya waktu, perubahan pada facilities support yang biasanya melibatkan merk internasional tersebut mulai bergeser ke merek lokal. Dari produk jersey yang dikenakan klub-klub Indonesia yang mulai tak lagi didominasi oleh brand internasional semacam Nike dan Adidas. Hingga sepatu-sepatu yang digunakan para pemainnya yang juga tak lagi bergantung pada merk mancanegara.

Salah satu yang mengawali perubahan saat itu adalah League yang dikenal sebagai pemasok produk olahraga di Indonesia khususnya jersey klub-klub Indonesia, dan pernah digunakan pula oleh Persija Jakarta. League juga menjadi salah satu sponsor besar di kompetisi sepak bola Indonesia di setiap musim.

Kehadiran League yang sangat akrab dengan kompetisi bola Indonesia rupanya diikuti oleh produk-produk lokal lain yang salah satunya adalah Specs.

Specs awalnya dikenal sebagai produk sepatu lokal (tipe casual) yang mengusung gaya sporty yang kemudian menjadi alternatif bagi kaum muda Indonesia saat mereka sulit menjangkau produk global semacam Nike, Adidas, Puma, Reebok, dan lainnya.

Specs pernah bekerjasama dengan Persija. Sumber gambar: Bolasport.com
Specs pernah bekerjasama dengan Persija. Sumber gambar: Bolasport.com
Seiring berjalannya waktu, produk mereka semakin dapat bersaing. Bahkan, kualitasnya bisa menjadi pilihan yang sama -tidak lagi menjadi alternatif- ketika harus dibandingkan dengan merk para seniornya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN