Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola dan Penulis Gadungan, Cinta Indonesia. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Pro dan Kontra Cover Lagu dari Via Vallen

7 Oktober 2019   18:33 Diperbarui: 7 Oktober 2019   20:48 0 10 4 Mohon Tunggu...
Pro dan Kontra Cover Lagu dari Via Vallen
Via Vallen menjadi trending karena membuat cover lagu dari Ilir 7. (Terasjabar.id)

Siapa yang tidak kenal Via Vallen?

Nama Via Vallen melejit setelah berhasil mengeluarkan lagu fenomenal kala itu, "Sayang". Namun, sebelum itu Via Vallen seperti pedangdut pada umumnya yang dapat menyanyikan lagu-lagu populer dengan genre dangdut koplo. Bahkan, sejak melahirkan album dengan single andalan "Sayang", Via Vallen semakin digandrungi karena keberhasilannya menyanyikan lagu-lagu populer ke dangdut koplo.

Don't Let Me Down, Despacito, Deen Assalam, Senorita, hingga Ddu Du Ddu Du, berhasil dinyanyikan dengan baik oleh Via Vallen. Pujian pun mengalir, karena kualitas menyanyinya yang luar biasa, apalagi dapat menyanyikan lagu-lagu dari berbagai aliran. Eksistensinya juga semakin bagus ketika terlibat ke pembuatan lagu untuk Asian Games 2018 dengan judul "Meraih Bintang".


Namun, tidak ada orang yang selamanya mendapatkan pujian dan itu juga dialami oleh Via Vallen. Karena dengan popularitasnya, masyarakat juga mulai mengkhawatirkan tentang royalti terhadap lagu-lagu yang dia nyanyikan lagi (cover). Khususnya lagu-lagu yang masih ngetop dan dipopulerkan oleh pemilik lagunya.

Ungkapan viewer/netizen di cover lagu Via Vallen. (Dokpri/Screenshot/Youtube
Ungkapan viewer/netizen di cover lagu Via Vallen. (Dokpri/Screenshot/Youtube
Sebagian besar lagu-lagu yang "dipermasalahkan" oleh masyarakat khususnya netizen adalah lagu-lagu dari Didi Kempot. Perlu diketahui bahwa lagu-lagu dari Didi Kempot memang sangat akrab untuk di-cover oleh para penyanyi, khususnya penyanyi dangdut koplo.


Nama yang tak kalah populer dengan Via Vallen, Nella Kharisma juga melakukan hal serupa. Masyarakat bahkan dapat mendengarkan lagu-lagu populer dari Didi Kempot maupun penyanyi aliran koplo lainnya dengan "dua versi"; Via Vallen dan Nella Kharisma.

Nella Kharisma yang diidentikkan dekat dengan rakyat. (Merdeka.com)
Nella Kharisma yang diidentikkan dekat dengan rakyat. (Merdeka.com)
Namun, tak bisa memungkiri bahwa popularitas Via Vallen bisa disebut telah mencakup skala nasional dibandingkan Nella Kharisma. Salah satu penyebabnya (mungkin) adalah faktor jenis vokal yang dimiliki keduanya. 

Jika Via Vallen masih ada ala-ala pop, sedang Nella Kharisma lebih ke cengkok-cengkok tradisional. Maka tak mengherankan jika lagu-lagu yang dinyanyikan Nella Kharisma lebih laris di panggung-panggung desa dibandingkan lagu-lagu dari Via Vallen yang lebih enak didengarkan saat berselancar di Youtube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x