Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Berharap yang Terbaik untuk Perubahan Skuad Timnas Indonesia

30 September 2019   13:53 Diperbarui: 1 Oktober 2019   11:51 702 12 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berharap yang Terbaik untuk Perubahan Skuad Timnas Indonesia
Skuad timnas Indonesia saat melakoni dua laga awal Pra-kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia. | Sumber: instagram.com/officialpssi

Sudah tersiar kabar (26/9) jika tim pelatih Timnas Indonesia mengeluarkan daftar pemain yang akan dibawa untuk bertanding melawan Uni Emirat Arab (UAE) dan Vietnam. Ada beberapa nama baru maupun nama-nama yang pernah membela timnas Indonesia namun sempat tidak dipanggil, khususnya di dua laga sebelumnya.

Daftar pemain tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kiper: Andritany Ardhiyasa, Wawan Hendrawan, Muhammad Ridho.
  • Belakang: Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Yanto Basna, Manahati Lestusen, Putu Gede, Novri Setiawan, Abduh Lestaluhu, Rezaldi Hehanusa.
  • Tengah: Andik Vermansah, Evan Dimas, Arthur Bonai, Stefano Lilipaly, Zulfiandi, Riko Simanjuntak, Hanif Sjahbandi, Dendi Santoso, Bayu Pradana, Wawan Febrianto, Saddil Ramdani.
  • Depan: Beto Goncalves, Irfan Bachdim, Lerby Eliandri.

Secara garis besar perubahan skuad tersebut sesuai dengan prediksi ataupun juga harapan (penulis). Seperti dipanggilnya Putu Gede, Bayu Pradana, dan Lerby. Ada pertimbangan tertentu yang memang mengharuskan tiga nama ini kembali ada di skuad timnas saat ini.

Pertama, kita perlu full back yang segar dan berani menyerang untuk mendukung penyerangan dengan baik dan itu perlu dihadirkan Putu Gede. Pemain ini cukup dikenal sebagai pemain yang bekerja keras untuk naik dan turun dalam mendukung permainan tim. Usianya yang masih muda juga mendukung hal tersebut.

Yustinus Pae -penghuni posisi tersebut sebelumnya- sebenarnya bagus. Bahkan, dia adalah salah satu pemain yang masih mampu berkonsentrasi dengan baik hingga menit-menit akhir. 

Hal ini dapat dilihat di laga melawan Malaysia (5/9). Hanya, sayangnya timnas saat itu harus takluk dan juga salah satu posisi yang dapat ditembus oleh lawan saat itu adalah bagian kanan pertahanan timnas yang mana itu diisi oleh full back gaek asal Persipura tersebut.

Kedua, kita butuh gelandang bertahan tipikal destroyer. Hal ini sangat penting, karena timnas harus menghadapi tim yang pasti akan berani keluar menyerang, khususnya Uni Emirat Arab. 

Melalui kapasitasnya, mereka pasti akan berupaya mengurung pertahanan Indonesia. Untuk itulah, kita butuh gelandang yang tidak segan untuk menghadang serangan lawan.

Namun, peran ini tentu harus dijalankan oleh pemain yang sangat berpengalaman agar keputusannya tidak sering salah ketika harus menghadapi risiko. 

Nama yang pantas untuk melakukannya memang Bayu Pradana. Posturnya yang juga cukup tinggi menjadi nilai tambah agar kita dapat memotong bola lambung ke tengah lapangan -saat terjadi goal kick.


Sebenarnya di posisi gelandang bertahan ada nama M. Arfan yang dapat dijagokan (oleh penulis) menemani Evan Dimas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN