Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Apa yang Dipersiapkan untuk Kuliah?

6 Juli 2019   16:22 Diperbarui: 6 Juli 2019   17:20 176 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Dipersiapkan untuk Kuliah?
Ilustrasi pernak-pernik seputar mahasiswa dan perguruan tinggi. (Sage.sageintl.org)


Tahun ajaran baru akan segera datang. Tidak hanya adik-adik yang akan sekolah di kelas yang baru, namun juga bagi adik-adik yang akan menempuh pendidikan ke perguruan tinggi (kuliah). Pastinya sama seperti yang akan sekolah, karena yang akan kuliah juga perlu mempersiapkan diri termasuk dalam hal permodalan.

Bukan hanya soal modal uang untuk biaya hidup dan pembayaran SPP/UKT, namun juga modal pengetahuan. Karena dunia perkuliahan adalah hal yang sangat baru, maka tidak bisa dijalani jika tanpa pengetahuan yang cukup. Beda cerita jika hanya sekadar naik kelas atau naik semester.

Karena, perkuliahan adalah ruang yang baru, maka, harus dijalani dengan banyak-banyak mencari tahu. Jika tidak suka mencari tahu, maka apa yang terjadi di perkuliahan akan banyak membuat seseorang (si mahasiswa) mudah terkejut. Jika keterkejutan itu tidak ditanggapi dengan benar, maka dapat menimbulkan stress yang berlebihan dan ujung-ujungnya bisa melahirkan ketidakbetahan.

Hal semacam ini, harus dihindari sedini mungkin. Untuk itulah, mencari tahu itu penting saat akan menyambut masa baru dalam kehidupan sebagai mahasiswa. Banyak-banyaklah mencari tahu tentang perguruan tinggi tersebut, entah sistem pendidikannya seperti apa, gaya atau peraturan selama beraktivitas di perguruan tinggi itu seperti apa, dan tentunya jangan terlalu fokus untuk mengetahui hal-hal yang ada di dalam kelas. Ketahui pula apa yang ada di luar kelasnya.

Selain itu, jangan lewatkan untuk mengetahui budaya yang ada di dalam dan di sekitar perguruan tinggi itu. Ini sangat penting bagi yang merantau keluar dari daerah asalnya. Mahasiswa tidak hanya dapat beradaptasi dengan lingkungan di dalam tempatnya belajar, namun juga di luarnya atau di sekitar tempat belajarnya tersebut.

Jangan abaikan manfaat browsing untuk mengetahui tempat barumu. (Pinkhattech.com)
Jangan abaikan manfaat browsing untuk mengetahui tempat barumu. (Pinkhattech.com)

Jika kita mengetahui dalam dan luar dari perguruan tinggi itu, maka kita tidak akan terlalu panik ketika menghadapi sesuatu yang mengejutkan atau yang tidak biasa dihadapi sebelumnya. Dari sini kita tahu bahwa mencari informasi dan menambah pengetahuan itu adalah hal penting yang harus dilakukan saat akan menjadi mahasiswa baru.

Persiapan lainnya adalah mencari modal sosial. Di tempat yang baru, biasanya seseorang akan ragu untuk melangkah jauh jika tidak ditemani oleh orang yang sudah dikenal sebelumnya. Termasuk saat kuliah dan apalagi harus merantau. Entah jauh atau dekat, seseorang sangat perlu memiliki modal sosial yang berupa teman. Baik itu teman satu sekolah, satu daerah, ataupun teman baru.

Menjalin dan membuka pertemanan baru itu penting. (Besthealthmag.ca)
Menjalin dan membuka pertemanan baru itu penting. (Besthealthmag.ca)
Ketika sudah memiliki teman, maka ada kepercayaan diri untuk melangkah ke depan dan menyambut lembaran hidup yang baru sebagai mahasiswa. Bersama teman, seseorang akan lebih berani mengeksplorasi tahap adaptasi sebagai mahasiswa di tempat yang baru. 

Bersama teman pula, informasi akan lebih mudah mengalir (ada pertukaran informasi). Selain itu, sebagai teman yang sama-sama menempuh masa adaptasi, biasanya akan saling dukung (bantu-membantu). Ini tentunya hal yang baik dan harus dipersiapkan sebelum menjalani perkuliahan nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN