Mohon tunggu...
Fery Deddy Fahriza
Fery Deddy Fahriza Mohon Tunggu... Lainnya - Music is my soul

Without deviation from the norm, progress is not possible by Frank Zappa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

10 Aksi Peduli Mangrove oleh IMIP dari Tahun ke Tahun

20 Desember 2021   13:41 Diperbarui: 20 Desember 2021   13:59 126 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aksi rehabilitasi mangrove oleh IMIP pada bulan Juli 2021 lalu. Sumber foto: kailipost.com

Selain memiliki hutan hujan tropis, Indonesia juga kaya akan hutan mangrove. Diketahui, berdasarkan data Conservation International Indonesia di tahun 2019, Indonesia disebut mempunyai total 3,1 juta hektare lahan mangrove.

Namun sayangnya, banyak diantara hutan mangrove tersebut dalam kondisi tidak baik, sehingga pemerintah melalui Badan Restorasi Gambut dan Mangrove yang diatur dalam Perpres Nomor 120 tahun 2020, menargetkan capaian rehabilitasi pada 600.000 lahan mangrove di hampir 9 provinsi dari tahun 2021 hingga 2024.

Tentunya, dibutuhkan partisipasi semua elemen masyarakat dalam aksi rehabilitasi mangrove ini. Fungsi dan manfaat mangrove sejatinya menjadi fondasi kuat dalam merehabilitasikan mangrove. 

Sebagaimana yang dilakukan oleh PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park), pelaku industri di Morowali, Sulawesi Tengah. IMIP berkomitmen tidak akan ketinggalan mengambil peran dalam aksi peduli lingkungan ini.

Tercatat, bahkan dari sebelum Perpres 2020 tentang Badan Restorasi Gambut dan Mangrove ada, IMIP telah melakukan aksi penanaman mangrove dari tahun 2018 dan masih berlanjut  hingga menutup akhir tahun 2021. 

Lantas, apa saja kegiatan yang dilakukan IMIP tersebut?

1. Januari 2018: 50 Ribu Mangrove

PT IMIP pada hari Jumat (19/1/2018), bertempat di pantai Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, melakukan aksi penanaman mangrove sebanyak 50 ribu pohon di luas wilayah 5 hektare. Hal ini dilakukan untuk melestarikan pesisir desa di lingkar kawasan industri PT IMIP. Aksi penanaman mangrove ini tidak hanya mendapat apresiasi dari pemerintah kabupaten setempat, namun hingga Kepala Koordinator Staf Khusus Kepresidenan kala itu yaitu, Teten Masduki.

2. September 2018: 15 Ribu Mangrove untuk Desa Labota

PT IMIP melanjutkan aksi peduli lingkungannya yaitu dengan penanaman 15 ribu bibit mangrove di Desa Labota, Kecamatan Bahodopi pada September 2018. Khususnya, penanaman mangrove ini ditempatkan di sejumlah titik dengan kondisi hutan mangrove yang rusak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan