Mohon tunggu...
Deddy Anwar
Deddy Anwar Mohon Tunggu... Music is my soul

Without deviation from the norm, progress is not possible by Frank Zappa

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Proses PLN Memberikan Listrik Terbaik untuk Indonesia

25 Maret 2021   18:11 Diperbarui: 25 Maret 2021   18:29 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Proses PLN Memberikan Listrik Terbaik untuk Indonesia
sumber foto: republika.co.id

Jika rumahmu mati lampu, satu nama yang pastinya terlintas di pikiran adalah PLN. Benar, kan? PLN merupakan kepanjangan dari Perusahaan Listrik Negara atau nama resminya yakni PT PLN (Persero). PLN memiliki komitmennya untuk terus menghadirkan listrik mulai dari perkotaan hingga ke pelosok Indonesia. Bentuk komitmen perusahaan listrik tersebut dibuktikan dengan meningkatkan rasio elektrifikasi di Papua sebesar 48,3 persen dan Papua Barat sebesar 91,50 persen di tahun 2020 lalu.

Tugas ini memang tidak mudah bagi PLN, perlu ada proses agar seluruh wilayah di Tanah Air mendapatkan listrik yang layak. Salah satu contoh yang terjadi baru-baru ini di Morowali, Sulawesi Tengah. Pemadaman listrik selama sepekan sejak tanggal 15 Maret 2021 hingga 21 Maret 2021 lalu menimbulkan pertanyaan besar, apakah benar target PLN untuk "menerangkan" Indonesia belum 100 persen tercapai?

Bukan hanya di Morowali saja, masih ada daerah pelosok di Indonesia menjadi perhatian untuk PLN. Ya, PLN harus melakukan perbaikan. Setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, seiring dengan adanya perkembangan di suatu daerah berarti memerlukan kebutuhan listrik yang lebih banyak. Jangan sampai kekurangan.

Namanya juga perusahaan listrik negara, bukan hanya Pemerintah Daerah (Pemda) nya saja yang ikut membangun suatu daerah melainkan peran pemerintah pusat melalui PLN juga berkontribusi besar. Toh untuk rakyat Indonesia juga kan ujung-ujungnya?

Seperti moto PLN, "Listrik untuk kehidupan yang lebih baik". Kalau listrik tidak menyala, maka pertumbuhan pada suatu daerah bisa terhambat maka masyarakatnya tidak sejahtera. Seperti pada dua diantara empat misi PLN, menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.

Kita tahu bahwa daerah di luar Pulau Jawa terus dikembangkan menjadi kawasan industri yang tentunya untuk menyelamatkan ekonomi negeri. Jikalau listrik tidak memadai, bagaimana kegiatan ekonomi bisa berjalan.

Indonesia sangat luas. Tugas PLN bukan hanya memberikan listrik saja namun tetap memberikan pengawasan dan pengembangan agar kejadian pemadaman listrik terutama di daerah pelosok tidak terulang lagi. Masih banyak tantangan yang harus dilewati PLN agar cita-citanya untuk menerangkan Indonesia dapat tercapai.

Semoga saja, seiring dengan berjalannya waktu masalah seperti ini tidak akan kita temui lagi dan masyarakat Tanah Air bisa mendapatkan fasilitas listrik terbaik dari PLN. Apakah kamu setuju dengan pendapat saya?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x