Mohon tunggu...
Deby Windayani Pohan
Deby Windayani Pohan Mohon Tunggu... Informasi mengenai perbankan

Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Tips Membuka dan Menjaga Keuangan di Masa Pandemi Covid-19 di Bank Syariah

13 Agustus 2020   10:12 Diperbarui: 17 Agustus 2020   09:43 83 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Membuka dan Menjaga Keuangan di Masa Pandemi Covid-19 di Bank Syariah
img-20200814-200527-148-5f39eed2d541df7cc50a7da2.jpg

Nama     : Deby Windayani Pohan

Jurusan : Perbankan syariah

Nim        : 0503196236

Pandemi virus corona atau Covid-19 bisa saja membuat orang khawatir tentang banyak hal. Salah satu hal yang sering menjadi perbincangan adalah soal keamanan masalah keuangan atau finansial. Persoalan keuangan di tengah masa pandemi tidak bisa dianggap remeh karena kondisinya sangat berbeda dengan kondisi normal. Kekhawatiran penurunan gaji atau bahkan kehilangan pekerjaan adalah hal yang wajar dalam kondisi saat ini.

Ini adalah masa yang tidak pasti, banyak orang yang khawatir akan terkena dampak finansial ketika krisis global ini berlanjut. Dengan menerapkan langkah-langkah kecil finansial, itu bisa menjadi cara aman dalam beberapa waktu ke depan. Penting menjaga dan mengatur kondisi finansial di tengah pandemi virus corona. Tips ini diharapkan bisa membuat keuangan sedikit lebih terkendali.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

1. Tinjau pemasukan dan pengeluaran.

Sekarang adalah waktu yang sangat penting untuk mengetahui realitas keuangan yang dimiliki. Periksa dengan tepat berapa saldo dana yang dimiliki serta catat jumlah pemasukan dan pengeluaran beberapa bulan ke depan sebagai panduan.
Dana yang perlu dicatat dalam kolom pengeluaran termasuk biaya hidup seperti makan dan kebutuhan dasar lainnya, biaya rumah, serta semua tagihan penting yang telah dijalankan sebelumnya.Gunakan waktu untuk meninjau debet langsung dan pembayaran berulang untuk melihat apakah ada keran pengeluaran yang bisa diimprovsasi

2. Buat rencana anggaran

Jika belum pernah memiliki anggaran yang ketat sebelumnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Ini adalah kondisi yang mengharuskan kita memperhitungkan keadaan baru serta menentukan dengan rinci berapa dan untuk apa dana dikeluarkan. Penting untuk memperlakukan anggaran sebagai panduan. Itu akan berfungsi jika terasa realistis dengan keadaan. Dan anggaran dapat disesuaikan sekali lagi dengan keadaan yang dialami saat itu juga.

3. Terus menabung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN