Mohon tunggu...
Humaniora

Moeldoko: Portal infomudik.go.id untuk Memudahkan Pemudik

6 Juni 2018   15:42 Diperbarui: 6 Juni 2018   16:00 663 18 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Moeldoko: Portal infomudik.go.id untuk Memudahkan Pemudik
instagramakunketansusu

Hari ini, tanggal 06 Juni 2018 merupakan H-10 Lebaran. Suasana mudik sudah tercium. Para perantau di Ibukota sudah memadati pusat perbelanjaan untuk membeli oleh-oleh persiapan mudik ke kampung halaman.

Mudik memang telah menjadi rutinitas tahunan. Lebaran dan mudik seolah merupakan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Terasa ada sesuatu yang kurang (atau hilang) jika melewatkan lebaran tanpa mudik. Setelah sepanjang tahun bekerja di luar kota/luar pulau/luar negeri, mudik menjadi pelepas dahaga.

Ingatan tentang kampung halaman menyeruak dan jadi magnet penarik yang kuat. Mengajak orang-orang untuk sejenak kembali ke asal. Meski hanya setahun sekali dan hanya berlangsung beberapa hari, mudik selalu sarat makna.

Untuk memudahkan para pemudik mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, salah satu terobosan yang digulirkan oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko  untuk mengatasi persoalan arus mudik yakni membuat portal infomudik.go.id. (Tribunjakarta.com)

Di situs info mudik ini terdapat pilihan mudik darat, mudik laut, dan mudik udara. Beberapa info mudik gratis juga ada. Disitu juga terdapat panel berita mudik, jadi berita yang terjadi tentang apa yang terjadi di lokasi macet bisa diinfokan. Juga 'mudik dengan google' tak kalah bagus.

Situs infomudik.go.id menyediakan kebutuhan informasi bagi pemudik hanya dengan satu klik karena seluruh informasi dari kementerian dan lembaga terkait mudik seperti Kementerian Perhubungan, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) hingga BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) telah tersaji dalam satu link.

Selain kerja sama dengan seluruh kementerian dan lembaga, situs infomudik.go.id juga menjalin kerja sama dengan pihak swasta yang memiliki program mudik untuk masyarakat sehingga portal tersebut lengkap dan terpadu.

Google Maps juga diajak untuk bekerja sama guna membantu para pemudik mencari info jalur mudik baik melalui jalan tol maupun jalan alternatif, serta menawarkan kemudahan dalam mencari tempat istirahat sepanjang perjalanan mudik.

Selain dengan portal tersebut, tim pemantau mudik KSP juga melakukan pemantauan di ruas Tol Lampung-Palembang di Sumatera. Sementara untuk mudik dengan transportasi laut, peninjauan antara lain dilakukan di Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi Banyuwangi, sedangkan dengan transportasi udara memantau proses penyelesaian pembangunan Bandara Ahmad Yani yang siap beroperasi menyambut mudik 2018.

Semoga mudik tahun ini lebih baik dan berkurangnya kemacetan karena sudah ada beberapa solusi dari KSP. Berkah mudik bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat dan bahagia selalu. 

VIDEO PILIHAN