Mohon tunggu...
DEAYA
DEAYA Mohon Tunggu... Traveller -

Nomadtravel, Solobackpacking Jika woles dan berkenan sila berkunjung ke https://deayatrip.wordpress.com/ https://500px.com/dyahayanurhayati

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Bujet Itinerary Kamboja-Vietnam, Tips ala Koper

11 November 2017   09:17 Diperbarui: 12 November 2017   19:16 809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Who      : awalnya saya sendiri, akhirnya temen saya kena racun saya jugak, haha yes :’)

When    : 19 – 27 Juli 2016 ala koper.

Hallo… gatau nih mau mulai dari mana, tapi pengin banget sharing  tulisan tentang trip ini soalnya saya dapet tiket murah, bangga haha… ya  dong! ini prestasi wkwkwkwk…

FYI, sebetulnya trip Vietnam ini sudah saya rencanain sama temen  backpack saya dolo, tahun 2014. Saat itu kita dapet tiket murah Bandung –  Singapore pp 700K (catet, ini murah tapi bukan harga tjiamiks) dan  rencananya cuma buat transit doang, terus kita mau kabur ke Vietnam,  tapi rupanya tiket Singapore – Vietnam pp saat itu 1.2juta dan buat kami  itu sama sekali gak tjiamik hehe, akhirnya saya puter haluan ke Penang  by bus.

Alasan saya pengin trip ke dua negara ini adalah rasa penasaran,  kayak gimana sih negara berkembang ini dan rupanya jreng-jreng… (nanti  kapan-kapan saya bahas ya) sekarang ngomongin bujet dolo. Karena saya  udah nentuin destinasi jadi tinggal nunggu kapan ada promo dan walaaaa…  cekidot!

  1.  Bujet tiket saya, saya beli 7 September 2015 (10 bulan sebelumnya)

FYI total 4 tiket : 972.331 dengan rincian sbb :

NoDestinasiKurs asingJumlah (Rp)1.Yogyakarta – KL (JOG – KUL)/PPN saja0115.000,-2.KL – Siem Reap (KUL – REP)44.92 MYR148.970,-3.Saigon – KL (SGN – KUL)31.50 USD452.971,-4.KL – Bandung (KUL – BDO)77 MYR255.390,- Total 972.331,-

*Kurs saat itu 1 MYR = 3.299 dan 1 USD = 14.147

Gimana cara dapet tiket murah?

Sorry to say, sejauh saya backpackeran saya baru pake maskapai Air Asia (AA) yang terkenal baik hati dan tidak sombong, hahaha… kenapa?

  1. Kalau kita beli tiket untuk destinasi luar negeri gak butuh copy-an  paspor! Ini berarti memudahkan buat pemula yang ngebet beli tiket pas  dapet promo tapi belum punya paspor, catet!
  2. Pantengin gak ya? Gak perlu kalau kita udah jadi member-nya kita bakal dikasih notification kapan ada promo dlsb, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah 0 rupiah men! Gamau rugi haha… plus poin bigshot guys, kalau rajin pake AA someday bisa dapet tiket keluar gratis, tis, tis… kuncinya ya rajin dan tekun haha
  3. Kaum backpacker, kaum gembel haha (macam saya) dan yang paling  mengerti dengan visi kita ya salah satunya AA ini guys, bisa sih Tiger  Air tapi saya belum pernah coba, yang jelas dia pake paspor.
  4. Kamu bisa ketawa lebar dan bangga saat terbang dimana kamu dapet  tiket setengah harga dari temen kamu! gak ada hasil yang menghianati  perjuangan guys hahahaha

Terus… gak enaknya/resikonya apa, cari tiket murah?

  1. AA ini memberlakukan sistem pembayaran salah satunya by cc atau credit card, its mean difficult for me  yeah soalnya saya gak punya cc men, hahaha… hari gini gak punya cc!  iyah payah yah saya, so… saya pinjem temen dan langsung saya ganti cash!  Tapi guys, kalau pembelian mix untuk trip luar dan domestik, misal :  Bandung – Kualalumpur itu masih bisa dibayar dengan rupiah dan bahkan  bisa bayar cash di Indomaret! Karena AA adalah maskapai milik Malaysia  yang notabenenya menggunakan RM atau ringgit selain dollar dan lainnya.
  2. Buat kalian yang punya gawe, ya musti siap-siap cancel kalau-kalau  ternyata kalian sibuk atau dapet mandat mendadak dari pak bos di tanggal  trip kalian udah beli tiket. Jadi ada baiknya susun jadwal setjiamiks  mungkin ya guys!
  3. Karena ini masuk kategori penerbangan lowbudget atau murah  ya pastinya jadwal penerbangan kalau gak pagi ya malem, malem banget  sampe KL dan buat penerbangan lanjutan, transitnya lama, ya ada harga  ada rupa yah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun