Mohon tunggu...
Deasy Kania R
Deasy Kania R Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa STP Trisakti penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019

Cooking, Tips and Lifestyle.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Teknik Masak pada Molecular Gastronomy

28 Juli 2021   19:54 Diperbarui: 28 Juli 2021   20:08 53 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknik Masak pada Molecular Gastronomy
Sumber: https://clubandresortchef.com/

Halo teman-teman, saya Deasy Kania Rhamadhanti C, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sekaligus Awardee dari Beasiswa Unggulan Kemendikbud.  Tulisan ini merupakan cara saya memberikan bacaan dan informasi yang dapat dimanfaatkan bagi teman-teman semua. Selamat Membaca!

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai molecular gastronomy, saya akan menjabarkan dan membahas mengenai teknik masak pada molecular gastronomy. 

Sedikit review kembali mengenai molecular gastronomy, molecular gastronomy merupakan studi ilmiah yang mempelajari mengenai gastronomi atau transformasi fisika pada bahan pangan. Pada dunia kuliner molecular gastronomy sendiri merupakan kemajuan teknologi pangan yang sedang populer dan sampai saat ini masih dikembangkan.

Berikut ini beberapa teknik memasak pada molecular gastronomy:

Sumber: Molecular Recipes
Sumber: Molecular Recipes
1. Spherification
Spherification adalah salah satu teknik pengolahan pangan pada molekular gastronomy dengan bahan utama berupa bahan cair lalu bahan tambahan seperti sodium alginat dan kalsium laktat. 

Bahan cair yang biasa digunakan berupa jus buah ataupun jus sayur. Ketiga bahan ini dicampur kan dengan takaran yang sesuai sehingga dapat menghasilkan bola-bola kecil seperti caviar atau bola bola berukuran sedang seperti Boba. 

Percampuran sodium alginat dengan kalsium laktat menghasilkan gel yang berbentuk bola dan melapisi permukaan dari bahan cair yang dicampurkan layaknya selaput. Tekstur dari hasil spherification sendiri berupa bola yang didalamnya terdapat cairan.

Sumber: Serious Eats
Sumber: Serious Eats
2. Sous Vide
Metode ini merupakan metode memasak yang sudah lama diterapkan abad ke-18 namun karena kualitas masakan yang dihasilkan sangat baik, teknik ini dikembangkan kembali oleh para Juru Masak ahli. 

Pada teknik memasak ini bahan makanan dimasukkan ke dalam kantong plastik kedap udara lalu ditutup hingga rapat kemudian kantong plastik berisi bahan makanan tersebut direndam didalam air dengan suhu 60 sampai 65 derajat Celcius. 

Bahan makanan tersebut dimasak secara lambat dengan jangka waktu yang lama , tergantung besar bahan makanan yang dimasak. 

Bahan makanan bisa berupa daging, sayur, telur ataupun starches seperti kentang. Hasil olahan dari teknik ini berupa makanan matang yang teksturnya masih tetap terjaga dan matang merata contohnya pemasakan daging dengan teknik Ini menghasilkan daging yang juicy dan empuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x