Mohon tunggu...
Dean Ruwayari
Dean Ruwayari Mohon Tunggu... Human Resources - Penganggur Struktural

Belakangan doyan puisi. Tak tahu hari ini, tak tahu esok.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

"Gladi Bersih" Cina dan Respon Amerika-ASEAN

18 Mei 2022   01:06 Diperbarui: 18 Mei 2022   18:20 1503 20 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Ilustrasi: KTT ASEAN. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kata orang "practice makes perfect". Saya setuju. Untuk hal-hal kecil dalam hidup seperti main alat musik atau belajar bahasa baru. Tapi bagaimana dengan berperang? Tentu saja sama. Tentara dilatih agar sempurna dalam perang. Bila perlu sekalian geladi bersih.

Setidaknya itu yang dipikirkan Cina saat ini. Citra satelit mengungkapkan latihan jangkauan (practice range) tentara Cina. Latihan jangkauan tersebut terletak jauh di gurun di Xinjiang. Tata letaknya menarik menyerupai pangkalan angkatan laut dengan kapal perang. Anehnya bukan pangkalan angkatan laut Cina, tapi pangkalan angkatan laut Taiwan.

Citra satelit pangkalan militer Cina yang dibuat menyerupai pangkalan angkatan laut Taiwan (Sumber: SCMP)
Citra satelit pangkalan militer Cina yang dibuat menyerupai pangkalan angkatan laut Taiwan (Sumber: SCMP)

Para pakar telah mengidentifikasi kesamaan pangkalan buatan Cina tersebut dengan pangkalan angkatan laut di timur laut Taiwan. Jika perang pecah, pangkalan tersebut akan menjadi sangat penting, karena merupakan pertahanan utama Taiwan terhadap serangan Cina. Buat apa Cina membangun pangkalan militer menyerupai punya Taiwan? Sepertinya sedang geladi bersih.

Kenapa saya bilang begitu? Karena setelah dibangun, pangkalan replika tersebut mulai dibombardir serangan rudal. Saya sebut replika karena kesamaan yang nyaris sempurna kecuali untuk letaknya. Dermaga kapal perang dan segalanya dibangun sesuai spesifikasi aslinya.

Laporan mengatakan pangkalan replika itu dibuat pada bulan Desember. Setelah selesai, Cina mempraktekan serangan rudal layaknya sebuah geladi bersih.

Sadisnya lagi bukan hanya replika Taiwan, Cina juga mereplika pangkalan AS di Jepang dan Guam. Sebagai tambahan, wilayah Guam adalah sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik yang merupakan sebuah organized unincorporated territory milik Amerika Serikat. Jadi Cina sedang bersiap untuk perang yang lebih luas.

Artikel terkait: Pararel Antara Krisis Ukraina dan Taiwan

Pertanyaannya adalah apakah mereka akan melakukan geladi bersih juga di sana? Cina diketahui telah mengembangkan dua rudal hipersonik. Yang satu disebut the carrier killer, satunya lagi disebut Guam killer. Keduanya punya jangkauan 5.000 kilometer. Dengan kata lain cukup untuk memukul pangkalan militer AS di Guam.

Jika ini bukan persiapan perang, lalu apa? Saya kira Cina tidak sedang bercanda. Membangun pangkalan militer dan menghancurkannya begitu saja jelas bukan untuk entertainment semata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan