Mohon tunggu...
Dean Ruwayari
Dean Ruwayari Mohon Tunggu... Bukan siapa-siapa.

Penikmat bacaan, musik dan film.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jika Demokrasi Punya Suara, Ia adalah Jazz, Sebuah Gaya Hidup

18 Oktober 2020   18:11 Diperbarui: 20 Oktober 2020   16:27 60 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Demokrasi Punya Suara, Ia adalah Jazz, Sebuah Gaya Hidup
Ilustrasi : azquotes.com

Berisiko. Berbahaya. Mengerikan. Sebuah Cara untuk melanggar aturan.

Kita tidak sedang berbicara tentang gagal belajar untuk ujian akhir matematika atau tidak mematuhi orang tua. Kita berbicara tentang jenis musik yang disebut jazz.

Beberapa orang mengatakan bahwa jazz adalah satu-satunya bentuk seni sejati bagi toleransi dan keadilan.

Itu karena dimulai dari orang-orang yang mendambakan toleransi dan keadilan, ratusan tahun yang lalu, di ladang tempat orang kulit hitam bekerja sebagai budak dan mengarang lagu untuk menghabiskan waktu, untuk mengekspresikan diri mereka dan untuk mempertahankan budaya dan tradisi tanah air mereka di Afrika. Saat itu tidak disebut jazz, tetapi cara para budak bermain dan menyanyikan musik berbeda dan istimewa.

Musik orang kulit hitam Amerika kemudian disebut jazz di Selatan pada awal 1900-an; New Orleans, Louisiana, sering disebut sebagai tempat kelahiran musik jazz. Meskipun perbudakan telah berakhir pada tahun 1865, orang Afrika-Amerika masih tidak memiliki hak yang sama dengan orang kulit putih Amerika. Tapi jazz adalah musik yang bisa dinikmati orang kulit hitam dan kulit putih.

Jazz memiliki semua elemen yang dimiliki musik lain: Melodi yang menjadi nada lagu, bagian yang paling mungkin diingat; harmoni, permainan nada yang membuat melodi terdengar lebih penuh; Ritme, yang merupakan detak jantung dari sebuah lagu. 

Tapi yang membedakan jazz adalah hal keren yang disebut improvisasi, seperti musik yang mengada-ada, tapi ajaibnya indah. Tidak ada pemimpin band di depanmu. Kamu adalah pemain sekaligus pemimpin dalam lagu. Tidak ada diskusi panjang dengan rekan band. Seperti slogan kreativitas brand nike, you "just do it!". Terdengar beresiko dan berbahaya tapi kita jadi lebih bebas dan penuh penjiwaan.

Jazz juga tentang menjembatani perbedaan untuk bersatu demi tujuan bersama, membuat musik bersama.  Teknik yang mereka gunakan untuk menciptakan tujuan bersama dalam jazz adalah kebebasan, toleransi, dan kreatifitas dalam melakukan improvisasi. 

Sekarang, bagaimana improvisasi dimainkan di tempat dengan beragam perbedaan seperti Indonesia, ketika hal tak terduga terjadi dan kita tidak bisa membuka diri karena takut akan minusnya toleransi dari orang lain? 

Kita perlu terbuka untuk melakukan cara baru dalam berbagai hal dan bersama-sama menciptakan solusi. Bukankah benar dalam hidup, untuk memecahkan masalah di tempat kerja atau sekolah perlu berkolaborasi dengan rekan-rekan dan menemukan solusi untuk membantu kita mencapai tujuan bersama? Itu tidak akan tercapai ketika tidak ada toleransi.

Kebebasan seorang solois untuk melakukan improvisasi wajib direspon dan ditanggapi oleh ansambel, sehingga setiap pemain mendapat kebebasan dan percaya diri menorehkan kreativitas dari imajinasinya, tidak ada rasa takut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN