Mohon tunggu...
Dean Ruwayari
Dean Ruwayari Mohon Tunggu... Bukan siapa-siapa.

Penikmat bacaan, musik dan film.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dear Generasi Kelulusan "Jalur Corona"

7 Mei 2020   20:51 Diperbarui: 7 Mei 2020   20:58 103 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Generasi Kelulusan "Jalur Corona"
Gambar : makassar.kompas.com

Generasi kelulusan 2020 menggemparkan seluruh negeri. Bukan karena kembang api atau konvoi terbesar sepanjang sejarah, melainkan tanda tanya besar yang muncul di benak kami - generasi sebelum kalian - seperti : Apa ini mempengaruhi kualitas kalian? Juga, apa ini sebuah kebanggaan atau lara? Maklum belum ada mekanisme kelulusan seperti punya kalian sebelumnya.

Untuk generasi kelulusan tahun ini, wabah COVID-19 berarti pembatalan upacara kelulusan yang telah lama ditunggu-tunggu. Namun, kelulusan lebih dari sekedar toga dan berjalan melintasi panggung untuk mengambil ijazah. Itu menandai awal dari fase kehidupan selanjutnya, yang merupakan sesuatu yang layak dirayakan bahkan di masa-masa sulit ini. Rayakan kemenangan sekarang dengan cara kalian, kalian berhak untuk itu, dan bersiap untuk pertarungan bab selanjutnya.

Saat ini, dunia menghadapi penderitaan massal dan kehancuran ekonomi. Sekali lagi, negara-negara perlu bersatu untuk melewati krisis ini. Tapi kali ini, kalian, generasi lulusan tahun 2020, tidak perlu goresan awal untuk melukis gambar "daerah bermasalah di bumi." Krisis Covid-19 yang kita hadapi saat ini bukanlah pengalaman yang terlokalisasi tetapi yang benar-benar global. Karena kalian adalah generasi yang tidak terpisahkan dengan sudut bumi manapun.

Ikatan yang tak terpisahkan antara orang-orang di dunia adalah sesuatu yang dipahami oleh generasi Kalian dengan lebih baik daripada yang pernah ada sebelumnya. Banyak dari kalian telah masuk ke Internet sejak kalian bisa membaca. Kalian tumbuh dengan akses ke budaya pop, berita, dan perspektif dari masyarakat yang berada ribuan mil dari rumah kalian. Dan tantangan utama yang membayangi masa depan kalian - wabah penyakit, perubahan iklim, ketidaksetaraan gender, kemiskinan - juga dihadapi oleh rekan-rekan kalian di setiap bagian dunia.

Jadi, apa artinya semua ini untuk bab selanjutnya dalam hidupmu? Sebagai anggota komunitas global tercinta kita, tindakanmu dapat memiliki dampak global. Apa pun tujuan profesional kalian, di mana pun kalian tinggal, siapa pun kalian berada, ada cara, besar dan kecil, agar kalian dapat berpartisipasi dalam membuat dunia lebih baik untuk semua orang.

Jika krisis ini telah menginspirasi kalian untuk mengejar karir di layanan publik, itu fantastis, tetapi itu bukan satu-satunya cara untuk berkontribusi. Kalian selalu dapat menggunakan suara dan suara kalian dapat mendorong perubahan. Kalian dapat mendesak kebijakan yang menciptakan masa depan yang lebih sehat dan lebih baik bagi semua orang, di mana pun, baik mereka tinggal di jalanan atau di sisi lain planet ini.

Memang benar bahwa kalian memasuki fase baru kehidupan pada saat yang menakutkan. Bagi kebanyakan, jalan yang kalian bayangkan setelah lulus mungkin tiba-tiba jauh lebih curam. Dengan begitu banyak hal yang perlu dikhawatirkan, dari kesehatan hingga keluarga, hingga apa arti pasar kerja bagi kemampuanmu menjadi sebuah kebanggan untuk melunasi kasih sayang orang tua dan keluarga, dapat dimengerti bahwa kalian mungkin perlu menunda pertanyaan besar tentang peranmu dalam memperbaiki dunia.

Tetapi tidak ada pertanyaan bahwa apakah kalian memiliki peran untuk dimainkan, atau apakah itu sekarang atau di kemudian hari. Kalian mewarisi dunia yang telah membuktikan bahwa kemajuan itu adalah dunia yang telah dibangun kembali setelah perang yang ditaklukkan, memberi makan populasi yang terus bertambah, dan memungkinkan jutaan orang untuk keluar dari kemiskinan ekstrem.

Kemajuan itu tidak terjadi karena kecelakaan atau takdir. Itu adalah hasil dari orang-orang seperti kalian yang membuat komitmen bahwa apa pun yang mereka lakukan dengan hidup dan karier mereka, mereka akan berkontribusi pada misi bersama ini untuk mendorong kita semua maju. Tahun 2020 bukan masa yang mudah. Tapi kita akan melewatinya. Dan dengan kepemimpinan kalian, niscaya dunia akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

VIDEO PILIHAN