Mohon tunggu...
Dean Ruwayari
Dean Ruwayari Mohon Tunggu... I love life.

Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Kabupaten Sorong Selatan yang suka mencerna kata.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hidup Terlalu Singkat untuk Gagal Move On

17 Februari 2020   23:59 Diperbarui: 18 Februari 2020   00:21 153 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Terlalu Singkat untuk Gagal Move On
(Sumber gambar : psiloveyou.xyz)

 "Cinta pertama sulit dilupakan" kata orang. Namun saya tidak bisa memastikan kapan atau dengan siapa tepatnya pertama kali putus cinta. Lupa pacar pertama sih tidak, tapi karena tidak seperti biasanya orang putus cinta, maka saya tidak menganggapnya putus cinta.

Waktu putus pacaran pertama kali seperti, "putus? koq ga kerasa apa-apa yah. Huh, ternyata yang di tivi boongan". Mungkin karena masih anak SMA yang sibuk main PS. Setelahnya saya mempunyai beberapa kisah asmara. Dari yang dikit sesaknya ketika putus, sampe yang sesaknya luar biasa.

"Pengalaman tak terlupakan adalah yang paling indah atau yang paling menyakitkan" kata orang. Yang ingin saya bagikan adalah potongan yang terakhir, yang paling menyakitkan. 

Singkatnya kami sudah berpacaran cukup lama, kira-kira dua tahun dan menemukan kecocokan satu sama lain. Jadi kami mulai serius membicarakan untuk ke tahap selanjutnya, pernikahan. Meski belum ke tahap bertunangan  atau masuk minta kalau kata orang papua, orang tua kami sudah menyetujuinya. 

Bahkan, kami sudah memutuskan tahun pernikahan. Kisah pahitnya terjadi beberapa bulan setelah 'ikrar tak resmi' tersebut. Berawal dari percecokan kecil membesar menjadi tak terselamatkan, kisah cinta kami selesai.

"Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi" kata lagu 'butiran debu' dari band Rumor, menggambarkan perasaanku saat itu. Sedih dan marah di waktu yang bersamaan. 

Dada ini serasa terkena serangan panik tiada henti. Akibatnya mulai gagal fokus. Dari nyasar ke kosan sebelah, sampe  terbaring ber jam-jam menatap langit kamar. 

Pengen rasanya demo berjilid-jilid ke Tuhan. Saya bahkan berpikir untuk tidak akan bisa jatuh cinta lagi. Beruntung saya mengikuti saran dari artikel yang di-googling dengan kata kunci "tips putus cinta". 

Memang bukan hal mudah dan butuh waktu yang lama. Akhirnya saya berhasil untuk kembali ke ritme hidup yang normal dan tidak jadi tenggelam dalam lautan luka dalam.

Bukan pakar asmara, hanya ingin berbagi apa saja yang saya lakukan sehingga bisa move on dari putus cinta. Anggaplah tulisan saya sebagai perkataan dari sesama anggota klub rehabilitasi yang sedang berbagi pengalaman putus cintanya. Berikut tips move on dari putus cinta ala saya:

  1. Beri waktu kepada mantanmu untuk berpikir. 
    (Sumber gambar : tribunnews.com)
    (Sumber gambar : tribunnews.com)
    Setiap orang butuh waktu untuk menyendiri. Mengumpulkan semua pengalaman menjadi satu, menarik kesimpulan, dan mengintropeksi diri. Jadi, berikanlah dia waktu untuk itu. Kamu pun bisa menggunakan waktu ini untuk melakukan hal yang sama. Di sinilah pendewasaan kalian berkembang. Bukankah ada yang bilang "Time is a healer" ? (dibaca : waktu adalah penyembuh)
  2. Berhenti beraktivitas sejenak dari media sosial.
    (Sumber gambar : steemit.com)
    (Sumber gambar : steemit.com)
    Berhenti sebentar dari media sosial bisa memberinya (mantan) waktu menyendiri tanpa ada gangguan karena aktivitasmu di media sosial. Ini juga bisa membantumu untuk tidak terus memikirkanya karena melihat aktivitasnya di media sosial.
  3. Berbagi sedih dan marah kepada teman terdekatmu.
    (Sumber gambar : hellosehat.com)
    (Sumber gambar : hellosehat.com)
    Hati terasa lega setelah berbagi kesedihan dengan orang lain. Hal ini tidak hanya penting guna melepas kesedihan dan amarahmu tapi juga membantu untuk mendapat saran dari sudut pandang berbeda. 
  4. Berhenti mendengarkan lagu patah hati! 
    (Sumber gambar : Pribadi)
    (Sumber gambar : Pribadi)
    Mendengarkan lagu galau atau patah hati dengan lirik yang menggambarkan kisah kita sepertinya tidak terhindarkan kala putus cinta. Tapi itu bisa menambah parah stres pasca putus cinta. Dengarlah lagu lebih yang menenangkan atau ceria dengan lirik yang bisa mengingatkan kita pada kisah lucu atau bahagia bersama teman dan saudara.
  5. Olahraga atau lakukan hobimu bersama teman-teman.
    (Sumber gambar : in2english.net)
    (Sumber gambar : in2english.net)
    Olahraga bersama teman-teman sangat membantu untuk mengalihkan pikiranmu dari mantan. Dalam kasus saya, bermain futsal dan basket bersama teman-teman. Kamu juga bisa melakukan hobi bersama teman-teman kalau tidak hobi aktivitas fisik. Menulis di Kompasiana bisa jadi ide bagus. Dan hey... kamu bakal terkejut kalau ternyata kamu jadi punya banyak waktu untuk itu dengan status jomblo mu.
  6. Tidak ada yang tahu bahwa dia akan kembali atau tidak.
    (Sumber gambar : larryjacobson.com)
    (Sumber gambar : larryjacobson.com)
    Kecewa, tapi itu benar adanya. Hal ini tergantung dari kesimpulan dia selama "masa sendirinya". Kalau ternyata dia berpikir akan lebih baik bersamamu daripada cewek atau cowok lain, maka dia akan kembali. Tapi kalau sebaliknya maka dia tidak akan kembali. Jadi kamu sudah harus memikirkan masa depan tanpanya.
    Misalnya sekolah, kesehatan dan karir. Bahkan jangan terkejut kalau nantinya kamu mungkin sudah tidak menginginkannya lagi ketika dia ingin kembali.
    Dalam kasus saya, saya berhenti menghubungi dia setelah sebulan mengghubungi tiada henti tanpa ada balasan. Dia lalu menghubungi saya kira-kira enam bulan setelahnya.
    Kami seperti orang asing yang baru berkenalan. Yang sangat mengejutkan adalah bahwa amarah atau pun harapan saya untuk kami bersama lagi seperti sudah pudar.
    Saya justru sangat menghargainya sebagai seorang teman. Meskipun tidak banyak berharap dia akan melihat saya seperti itu. Kemudian kami masih sering berkomunikasi selama sebulan berikutnya meski intensitasnya tidak banyak. Dan akhirnya putus komunikasi hingga sekarang sudah sepuluh tahun. 
  7. Bukalah hatimu untuk orang lain.
    (Sumber gambar : wattpad.com)
    (Sumber gambar : wattpad.com)
    Kita tidak pernah tahu misteri cinta (cie..cie...misteri cinta coy). Jadi, jangan menutup diri. Siapa tahu cinta datang tiba-tiba kayak lagunya Maudy Ayunda. Pikiranmu akan cepat beralih dari mantan setelah berhubungan dengan pasangan yang baru.
    Setelah cerita gagal nikah, saya berhasil menjalin hubungan dengan beberapa cewek lain (saya cowok heteroseksual, by the way) dan mendapatkan pengalaman yang benar-benar berbeda. Mungkin karena sudah menjadi orang yang berbeda dalam pola pikir percintaan. Tips ini berada di urutan terakhir tapi berpengaruh besar dalam proses penyembuhanmu.

Indah, konyol, dan sedih, sesekali memori masa-masa itu muncul seperti jelangkung, datang tak diundang pulang tak diantar. Terkadang senyum sendiri. Memori itu akan tetap di sana, menjadi potongan diri yang tidak akan hilang seutuhnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN