Mohon tunggu...
Dea AnandaPutri
Dea AnandaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Nasional

Bio

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Adiksi Media Sosial Selama Masa Pandemi

16 April 2021   16:25 Diperbarui: 16 April 2021   16:43 37 1 0 Mohon Tunggu...

Sejak virus corona melanda Indonesia, banyak masyarakat yang mengembangkan hobi barunya dengan bersepeda, menanam tumbuhan, memelihara ikan cupang, hingga berjualan online.

Dengan banyaknya kegiatan atau aktivitas sosial di luar rumah yang diberhentikan, kegiatan yang dilakukan masyarakat selama pandemi ini tidak jauh dari penggunaan teknologi maupun internet, karena banyaknya kegiatan yang mengharuskan kita untuk selalu berdampingan dengan internet, misalnya seperti kegiatan belajar online (daring), WFH, dan sebagainya.

Mengingat pemerintah juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja dengan tetap menerapkan pembatasan sosial.

Terjadinya peningkatan penggunaan internet memang tidak dapat dihindari terutama pada media sosial yang saat ini semakin digandrungi oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Media sosial dianggap dapat melengkapi semua kebutuhan hidup masyarakat, seperti perlengkapan primer hingga sekunder bisa didapatkan melalui media sosial. Hal tersebut membuat semua masyarakat menjadi kecanduan atau adiksi terhadap media sosial selama masa pandemi ini.

Menurut studi terbaru, populasi orang dewasa di Indonesia yang menjadi candu terhadap internet selama masa pandemi Covid-19 ini mencapai 14,4 persen.

Situasi seperti ini patut diwaspadai karena penggunaan internet yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan psikologis, seperti kecemasan yang berlebih, berkurangnya kualitas tidur, hingga penurunan sistem imun.

Namun hal tersebut dapat dihindari dengan beberapa hal, seperti:

  • Menerapkan pola hidup sehat dan teratur
  • Membatasi penggunaan internet
  • Menyibukan diri dengan hal-hal positif, seperti berolahraga dan "Me Time"
  • Menikmati aktivitas sosial di rumah, seperti berkumpul bersama keluarga.

Dengan melakukan hal-hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih tidak berketergantungan terhadap internet di masa pandemi ini, dan juga menghindari diri dari beberapa gangguan psikologis yang diakibatkan dari ketergantungan media sosial maupun internet.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x