Mohon tunggu...
Sri Ratna Wulan
Sri Ratna Wulan Mohon Tunggu...

traveller humoris yang suka icip-icip makanan enak ^^

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Legitnya Ubi Cilembu

31 Oktober 2012   08:56 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:10 0 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang makanan yang menjadi andalan warga Sumedang. Eitsss, tapi bukan tahu Sumedang yang akan saya ceritakan melainkan umbi nya, tak lain dan tak bukan adalah Ubi Cilembu.
Siapa yang tidak tahu ubi Cilembu? Yup, saya pikir semua penyuka kuliner tentu tahu apa itu ubi Cilembu karena ubi Cilembu ini amat sangat populer. Ubi cilembu merupakan satu-satunya varietas umbi yang hanya ada di Indonesia, khususnya  di Desa Cilembu persis di kaki Gunung Kareumbi. Desa Cilembu merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Pamulihan, kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tidak terlalu jauh dari tempat saya kuliah zaman dulu di daerah Jatinangor.
Ubi Cilembu merupakan salah satu varietas dari ubi jalar. Nah, ubi jalar ini sifatnya ada yang termasuk varietas sweet potato (rasanya manis) dan unsweet potato (rasanya tawar). Ubi jalar yang dikenal dengan bahasa latinnya Ipomoea batatas, merupakan ubi yang awalnya berasal dari benua Amerika, dan dikembangkan berbagai varietasnya di berbagai tempat, termasuk di Indonesia ini. Adapun jenis ubi jalar yang ada di Desa Cilembu adalah jenis Anet, Nirkum, Menes, Eno, dan Jawer, dan yang menjadi andalan ubi di Desa Cilembu adalah adalah jenis Nirkum, karena rasanya yang unggul dibandingkan jenis lainnya. Bahkan sejak zaman Belanda pun jenis Nirkum ini sudah digemari oleh para kompeni.
Ubi Cilembu ini ternyata baru populer di Indonesia sekitar tahun 1900-an. Setelah sebelumnya para petani padi yang juga petani ubi ini memperkenalkannya sekitar tahun 1980an. Walaupun telah banyak orang yang menanam ubi Cilembu ini di daerahnya masing-masing (selain di Desa Cilembu), namun ketika dikonsumsi, rasa ubi Cilembu yang ditanam di daerah selain di Desa Cilembu ternyata tidak seenak dan tidak selegit yang ditanam di Desa Cilembu. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena ternyata kandungan tanah yang ada di Desa Cilembu ini memiliki unsur hara yang unik dan mempunyai komposisi yang sesuai dan pas dengan ubi Cilembu yang ditanam, yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya di dunia ini. Dosen saya bilang kalau tanah yang ada di Desa Cilembu ini indigenous soil, dan seharusnya segera dicagarkan karena hanya ada satu-satunya di dunia.
Ubi Cilembu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang termasuk varietas sweet potato sehingga memiliki rasa manis, dan juga memiliki serat yang halus. Namun manisnya ubi Cilembu ini sangat berbeda dengan ubi-ubi lainnya, mengapa berbeda? Karena manisnya ubi Cilembu ini begitu legit seperti madu, berbeda dengan ubi-ubi lainnya. Jadi, ketika kita memasak ubi tersebut  (dengan cara dioven), kemudian setelah matang kita membuka bagian tengahnya, maka croottttt, dari bagian tengah ubi tersebut akan keluar sejenis cairan kuning kental dan lengket seperti madu, dan rasanya pun memang manis dan lembut seperti madu. Oleh karena itu tak heran bila ubi Cilembu ini juga dinamai dengan ubi madu. Bahkan menurut para konsumennya, ubi Cilembu hanya enak dikonsumsi apabila dimasak dengan cara dioven atau dipanggang, bukan digoreng ataupun direbus. Ubi Cilembu tidak disarankan untuk digoreng karena akan cepat gosong sebab ubi cilembu ini mengandung kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan ubi lainnya, dan juga tidak cocok untuk direbus karena unsur manis seperti madu yang ada dalam ubi cilembu tersebut akan berkurang.
ilustrasi ubi cilembu (sumber gambar: www.google.com) Kandungan Gizi Ubi Cilembu
Dari beberapa sumber yang dibaca, ubi Cilembu ternyata memiliki manfaat dan kandungan vitamin A dan kalsium yang lebih tinggi dari varietas umbi lainnya. Vitamin A yang dimiliki ubi Cilembu ini adalah 7.100 IU (International Unit). Berbeda dengan jenis umbi-umbi lain yang hanya memiliki kandungan vitamin A 0,001-0,69 mg per 100 gram. Adapun manfaat vitamin A yang ada dalam ubi Cilembu ini adalah untuk memperbaiki gizi bagi yang kekurangan vitamin A, menstabilkan kadar gula darah, dan juga untuk menurunkan resistensi insulin. Sedangkan kalsium dari ubi Cilembu ini adalah 46 mg per 100 gram yang berguna untuk metabolisme tubuh dan memperkuat tulang dan gigi. Selain vitamin A dan kalsium yang tinggi, ubi Cilembu ini juga mengandung vitamin B-1 sebesar 0,08 mg, vitamin B-2 sebesar 0,05 mg, niacin sebesar 0,9 mg, serta vitamin C sebesar 20 mg.
Wahhhh ternyata kandungan ubi Cilembu ini besar ya teman-teman. Bahkan, kabarnya ubi Cilembu ini bisa menjadi makanan pokok alternatif juga loh. Jadi, aman banget dikonsumsi bagi teman-teman yang mau diet sehat, tinggal diganti saja deh karbohidrat yang sebelumnya diperoleh dari nasi menjadi karbohidrat yang diperoleh dari ubi Cilembu ini.
Okey dehh, semoga bermanfaat yaa teman-teman postingan dari saya. Salam sehat semuanyaaaa :D