Mohon tunggu...
Deaneira Gupita
Deaneira Gupita Mohon Tunggu... TIM 1 KKN UNDIP 2021

TIM 1 KKN UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Beberapa Warga Terjangkit Covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu RT 004 untuk Menertibkan Manajemen Penerapan New Normal

11 Februari 2021   21:33 Diperbarui: 11 Februari 2021   21:50 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Warga Terjangkit Covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu RT 004 untuk Menertibkan Manajemen Penerapan New Normal
Beberapa kegiatan yang dilakukan Peserta KKN UNDIP, Deaneira/dokpri

Serpong, Tangerang Selatan (27/01/2021) -- Kasus positif Covid-19 di daerah Kota Tangerang Selatan tidak terlihat membaik. Menurut data yang dipaparkan oleh Pemerintah Daerah Kota Tangerang Selatan, terdapat 580 individu yang positif terjangkit virus Covid-19 di 9 Kelurahan yang terdapat di Kecamatan Serpong,  23 diantaranya dinyatakan telah meninggal. Kelurahan Ciater jatuh di peringkat keenam diantara kelurahan lainnya. Walaupun Kelurahan Ciater dinyatakan zona hijau, beberapa warga RT 004 / RW 012 telah dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19 yang merisaukan perasaan warga lain karena RT 004 merupakan kawasan cluster.

Melihat kasus ini, salah satu peserta KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, Deaneira Gupita Jatmiko, tergerak untuk ikut serta mengurangi tersebarnya virus Covid-19 terutama di sekitar lingkungan tempat tinggalnya yaitu RT 004 / RW 012, tepatnya di Perumahan Taman Chrysant 2. Program "Penerapan Manajemen New Normal pada RT 004" akhirnya dibuat untuk ikut serta mengurangi kurva penularan. 

Sebelum terjun ke lapangan, Deaneira sudah melakukan kegiatan survey dan interview di sekitar lokasi KKN dan menurutnya, ada beberapa hal yang menarik perhatiannya.Kegiatan interview kepada Ketua Pelaksana Pencegahan Covid-19 RT 004 dilaksanakan untuk mendapatkan insight mengenai lokasi KKN. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab beberapa warga terjangkit virus Covid-19 adalah seringnya berkegiatan di luar rumah. 

Menurut Ketua Pelaksana Pencegahan Covid-19 RT 004, hal ini tidak mudah untuk dihindari karena beberapa warga masih diharuskan untuk pergi ke tempat kerja masing -- masing dan tidak sepenuhnya melakukan kerja berbasis Work from Home. RT 04 terdiri dari warga yang berstatus ekonomi menengah keatas dan berpendidikan tinggi. Penerapan new normal pada beberapa bulan silam memang diterapkan secara efektif namun seiring berjalannya waktu, penerapan ini mulai renggang. 

Mulai dari satpam setempat yang tidak lagi rutin mengecek suhu tubuh pengunjung Kawasan Perumahan Taman Chrysant 2, tukang sapu di sekitar perumahan yang dilihat beberapa kali tidak menggunakan masker saat kerja, dan wastafel umum yang jarang digunakan. Menurutnya, hal ini perlu ditindaklanjuti.

Beberapa hal untuk membantu Ketua Pelaksana Pencegahan Covid-19 RT 004 telah dilakukan seperti sosialisasi #StopTheSpread kepada satpam setempat untuk menerapkan protocol kesehatan kembali, membagikan masker dan hand sanitizer kepada tukang sapu yang bekerja di sekitar perumahan, menyerahkan poster "Cuci Tangan 40 Detik" kepada Wakil Ketua RT 004, memberikan hand sanitizer untuk pos satpam setempat dan juga membantu Ketua Pelaksana Pencegahan Covid-19 RT 004 membuat rekapitulasi data warga yang terjangkit Covid-19 untuk mengingatkan warga lain. 

Hal lain yang juga kerap dilakukan adalah membantu Ketua Pelaksana Pencegahan Covid-19 RT 004 mengawasi kegiatan penyemprotan disinfektan di sekitar Perumahan Taman Chrysant 2.Respon dari kegiatan -- kegiatan tersebut sangat positif. Beberapa tukang sapu merasa terbantu karena stok masker yang mereka miliki terbatas. Beberapa satpam juga lebih sadar akan pentingnya prosedur dan protokol kesehatan untuk diterapkan kembali pada Kawasan perumahan.

Dengan diadakannya kegiatan -- kegiatan tersebut diharapkan warga akan lebih waspada dalam menjaga kesehatan keluarganya masing -- masing. Tak hanya itu, Deaneira juga berharap protokol kesehatan akan diterapkan kembali secara efektif di Kawasan RT 004 dan para pekerja umum diharapkan lebih taat untuk menggunakan masker saat sedang bekerja.

Penulis: Deaneira Gupita Jatmiko
DPL: Dr. Heni Rizqiati, S.Pt., M.Si.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x