Mohon tunggu...
Deandra Nove
Deandra Nove Mohon Tunggu... https://www.kompasiana.com/deandra24173

Seorang ibu dari satu anak yang mempunyai hobby membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Dampak Stres pada Usia Remaja

9 Mei 2021   16:29 Diperbarui: 9 Mei 2021   16:36 59 1 0 Mohon Tunggu...

Dampak Stres Pada Usia Remaja

Apa yang ada dalam pikiran tentang arti kata stres?

Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang mendapatkan ancaman atau tekanan atau suatu perubahan dalam diri. Ketika seseorang merasa tertekan atau mendapat tekanan, maka sistem saraf dalam otak akan merespon dan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol dala tubuh.

Setiap orang bahkan kita sendiri pasti sering mengalami stres. Terutama yang tinggal di perkotaan, di mana tekanan hidup sangat tinggi.

Lalu, bagaimana kita melihat stres di kalangan remaja? Bagaimana bisa mereka mengalami stres? Apa dampak yang dapat ditimbulkan ketika remaja mengalami stres? Dan apa penyebab para remaja mengalami hal tersebut?

Kita akan ulas secara ringkas mengapa kalangan remaja belakangan ini
cenderung mengalami peningkatan stres.

Usia remaja identik dengan hal yang menyenangkan seperti sekolah, kumpul dengan teman, bercanda, dan bergurau tanpa memikirkan beban hidup layaknya orang dewasa. Namun, apakah kalian tahu bahwa anak di usia remaja rentan mengalami stres? Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Menjadi remaja adalah fase yang pasti di lalui setiap manusia dalam perkembangannya dari fase kanak-kanak menuju dewasa. Akan tetapi, banyak dari mereka melewati masa sulit pada usia remaja. Misal, masalah dalan percintaan, masalah keluarga, sekolah, atau masalah dengan teman sepermainannya yang mengakibatkan stres.

Terlebih, semasa pandemi ini. Mereka yang terbiasa beraktifitas dan bertemu dengan teman sebaya, tidak lagi bisa seperti dulu. Ruang gerak mereka terbatas dan melakukan semua aktifitas hanya di lingkungan rumah.

Sebagai contoh kecil saja, biasa mereka sekolah, bertemu teman-teman, dan kini mereka harus belajar dari rumah dan mengerjakan setumpuk tugas tanpa mereka tahu materi sebelumnya.

Mereka dituntut untuk bisa mengerjakan tugas dengan mencari jawaban sendiri. Hal itu menyebabkan emosi yang tidak stabil hingga akhirnya berujung stres berkepanjangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x