Mohon tunggu...
Deafrida Oxaura Albana
Deafrida Oxaura Albana Mohon Tunggu... Teknik Elektro UPI 2018

Teknik Elektro UPI 2018 KKN TEMATIK UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Miskonsepsi Publik dalam Upaya Pencegahan Covid-19

14 Maret 2021   15:17 Diperbarui: 14 Maret 2021   16:05 50 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Miskonsepsi Publik dalam Upaya Pencegahan Covid-19
Dok.pri

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru yang disebut SARS-CoV-2. Badan kesehatan dunia "WHO" pertama kali mengetahui virus baru ini pada 31 Desember 2019, menyusul laporan dari sekelompok kasus 'virus pneumonia' di Wuhan, Republik Rakyat Cina (WHO, 2020). Banyak pihak; dokter, peneliti kesehatan, dan akademisi sedang berusaha membuat vaksin untuk menghentikan wabah Covid-19. Dengan menjalankan anjuran pemerintah mencegah dengan cara melaksanakn 3M yaitu memakai masker, menuci tangan dan menjaga jarak, menjadi kunci utama bagi seluruh masyarakat untuk melindungi diri dari terpaparnya oleh covid-19.

Penulis melakukan survei yang bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19. Karena maraknya mitos yang ada di masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 semakin membuat simpangsiur tentang cara melakukan pencegahan Covid-19 yang baik dan benar. Maka dari itu dengan adanya survei ini di harapkan bertambahnya pengetahuan masyarakat atau publik tentang pencegahan covid-19. Survei ini dilakukan secara acak dengan menggunakan aplikasi G-Form yang penulis bagikan melalui platform media sosial seperti whatsapp, line hingga Instagram. Survei ini dilakukan selama 10 hari dengan subyek survei yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Survei ini berisikan 7 pertanyaan mengenai bagaimana cara pencegahan Covid-19. Hasilnya rata-rata jawaban benar hanya di kisaran 2-5 jawaban.

Pada grafik dapat terlihat bahwa tingkat pemahaman masyarakat terhadap upaya pencegahan COVID-19 masih rendah yang artinya tingkat kesalahpahaman yang tinggi. Terbukti rata-rata jawaban benar dari grafik hanya mencapai 2,61 dari 7 poin, itu bahkan tidak setengahnya. Serta kisaran median 2 dari 10. Dapat disimpulkan bahwa hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti kurangnya topik mengenai pencegahan covid-19 yang baik dan benar dalam berbagai platform media sosial ataupun poster dalam lingkungan sekitar masyarakat yang berisikan pencegahan covid-19 sehingga masih banyak yang belum mengetahui upaya pencegahan yang baik dan benar serta tidak sedikit yang mempercayai mitos tentang upaya pencegahan covid-19.

Di sini penulis bagikan informasi yang tepat mengenai beberapa cara pencegahan penularan dari Covid-19 yang bersumber dari WHO. Berikut adalah pencegahan yang banyak disalahpahami oleh masyarakat mengalami miskonsepsi mengenai informasi pencegahan covid-19.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

VIDEO PILIHAN