Mohon tunggu...
dea
dea Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Lestarikan Budaya Batik, Pusat Grosir Batik Trusmi Gelar Audisi Duta Batik

26 Desember 2015   07:59 Diperbarui: 26 Desember 2015   07:59 53 0 0 Mohon Tunggu...

Batik merupakan salah satu kebudayaan khas Negara Indonesia. Awalnya kebudayaan batik ini sempat menjadi salah satu budaya yang terancam diklam oleh salah satu Negara di benua Asia.

Beruntung dengan adanya sikap kepedulian dan rasa memilikinya dari pemeritah Indonesia, batik pun akhirnya dapat diakui oleh Negara sebagai salah satu kebudayaan yang berasal dari Negara Indonesia tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO mengesahkan Batik menjadi warisan budaya dunia dari Indonesia.

Seiring disahkannya Batik sebagai budaya dunia, Pemerintah Indonesia kini mulai melakukan promosi untuk memperkenalkan batik di kalangan masyarakat. Tak hanya itu kini para pengusaha dibidang fashion seperti Pusat Grosir Batik Trusmi yang berada di Cirebon pun rupanya tak mau ketinggalan dalam mempromosikan motif batik khas Cirebon di kalangan masyarakat. Terbukti dengan digelarnya perhelatan acara pemilihan duta batik oleh Pusat Grosir Batik Trusmi pada Minggu (27/12) mendatang ini merupakan salah satu bukti real dalam mempromosikan batik ke masyarakat.

Tak tanggung-tanggung dalam mepromosikan batik juga pihak Pusat Grosir Batik Trusmi menggandeng langsung pihak Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Gubernur Jawa Barat, Bupati Cirebon dan juga Walikota Cirebon.

“ para peserta ini bukan hanya untuk warga Cirebon saja untuk warga luar kota dan luar Jawa pun ada disini,” Ujar Dea salah satu Public Relation Pusat Grosir Batik trusmi Cirebon.

Pemilihan duta batik ini bertujuan untuk melestarikan budaya batik agar dapat dikenal secara go internasional. Dan juga memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa batik bukan hanya sebagai pakaian formal saja, melainkan untuk sehari-hari batik dapat dikenakan.

Perkembangan batik yang kini semakin berkembang dengan dilakukannya inovasi pada motif, model hingga warna ini terus dilakukan oleh Pusat Grosir Batik Trusmi. Inovasi yang dilakukannya semata-mata hanya untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap warisan budaya dunia secara modern.

Sementara untuk Duta Batik ini nantinya akan ditugaskan untuk melakukan promosi batik ke masyarakat lokal dan internasional serta mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak malu lagi saat mengenakan warisan budaya dunia. ###

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x