Mohon tunggu...
Dea Ayu
Dea Ayu Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Sekolah

Haii... Saya memiliki berbagai hobi yakni menulis,melukis,dan menjahit. Tapi kali ini bidang yang saya tekuni adalah menulis. Saya suka menulis artikel-artikel, menulis cerpen, dan banyak lagi. Biasanya saya menulis dengan mood yang baik, agar bisa menghasilkan tulisan yang maksimal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengalaman Belajar di Pesantren

22 September 2022   13:06 Diperbarui: 22 September 2022   13:13 144 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dari ditpdpontren.kemenag.go.id

Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai tempat tinggal untuk santri. 

Pesantren mengajarkan ilmu agama kepada santrinya. Pesantren dahulu mula-mulanya adalah seorang kiai yang mengajarkan ilmu keagamaan kepada murid yang berguru pada beliau. Kemudian murid tersebut kian bertambah dan akhirnya kiai tersebut berinisiatif untuk mendirikan sebuah pondok pesantren

Di pesantren, para santri selain diajarkan tentang keagamaan juga diajarkan tentang berbagai nilai moral. Santri akan dibimbing dibawah pengawasan pengasuh(kiai maupun bu nyai). Meraka akan di gembleng menjadi pribadi yang taat beragama, bermoral, dan disiplin. 

Sudah 5 tahun lamanya saya menimba ilmu dipesantren. Masuk tahun 2017, saat itu saya adalah seorang anak tamatan SD polos yang masuk pesantren karena keinginan orangtua. 

Saya tipikal anak yang tidak manja juga tidak mandiri, saya juga tipikal yang tidak mengekspresikan isi hati kepada orang lain. Saat berangkat kepesantren saya mati-matian menahan tangis agar tak ada orang yang melihatnya. 

Hari pertama di pesantren saya mencoba tegar dan mulai berbaur dengan teman-teman. Baru malamnya saat akan tidur saya menangis dibawah bantal. menurut saya waktu yang paling enak untuk menangis ya di malam hari, karena tak perlu takut jika orang lain melihatnya.

Banyak sekali cobaan yang saya hadapi di pesantren. Sering terjadi pertikaian dengan teman ataupun dengan senior. Tapi semua itu tetap saya lewati dengan tenang. 

Jika bertengkar dengan teman sekamar maka saya akan bermain dengan teman yang tidak sekamar, begitu juga sebaliknya. Jika ada masalah dengan senior jangan takut, biarkan saja setiap senior mencibir ataupun menggunjing kalian, mereka akan capek sendiri.

Di pesantren ngapain aja sih sebenarnya? masak ngaji terus?. Nah, itu adalah pertanyaan yang sering saya dapatkan. Mengenai kegiatan apa saja di pesantren itu ada banyak. Pesantren saya itu tergolong modern, jadi semua santri selain diajarkan pelajaran tentang keagamaan juga diajarkan pelajaran umum. 

Belajar di pesantren tidak membuat saya merasa terkekang. Ya walaupun tidak diperbolehkan keluar dari lingkup pesantren, saya masih bisa meminta izin kepada pengurus(sekelompok orang santri yang diberi tanggung jawab oleh pengasuh pesantren untuk mengawasi santri yang ada didalamnya). Tentunya jika ada hal penting atau mendesak. Ada berbagai kegiatan dan acara-acara untuk mengisi waktu libur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan