Mohon tunggu...
Dea SitiNurjanah
Dea SitiNurjanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bismillaaah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik MDBPE-MBKM 2021: Tips Mendampingi Anak Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

25 Juli 2021   13:17 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:38 174 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik MDBPE-MBKM 2021: Tips Mendampingi Anak Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wabah pandemi covid-19 muncul di Indonesia pada bulan Maret 2020. Setiap kegiatan didalam maupun diluar ruangan dari berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pariwisata dan pendidikan sementara waktu dibatasi kegiatan nya demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. Dalam bidang pendidikan, pemerintah beserta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan penerapan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Melalu pembelajaran jarak jauh ini guru tetap dapat menyampaikan materi kepada siswa tanpa harus melakukan tatap muka langsung. 

Tetapi dengan pembelajaran jarak jauh yang terus diperpanjang, siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya sehingga banyak siswa yang mulai bosan dan mengalami kejenuhan karena aktivitas yang sangat terbatas. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat belajar.

Dalam pembelajaran jarak jauh ini orang tua mempunyai peran penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa karena semua kegiatan pembelajaran hanya dilakukan di rumah. Orangtua dituntut kreatif dan inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mendampingi anak belajar online di rumah diantaranya adalah menentukan tempat pembelajaran yang tepat dan kondusif, waktu belajar yang disesuaikan, awasi perkembangan pembelajaran anak, persiapkan dana khusus untuk kuota internet, serta gunakan cara belajar yang menyenangkan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN