Hiburan Pilihan

Fansite: Dari Penggemar untuk Penggemar

15 Oktober 2014   15:29 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:57 4776 0 0
Fansite: Dari Penggemar untuk Penggemar
14133342231419622493

Siapa yang tidak mengenal Korean Pop? Aliran musik yang biasa disebut dengan K-pop ini tentunya sudah tidak asing lagi keberadaannya pada industri musik dunia. Penyebaran K-pop sendiri pun terjadi secara cepat melalui media baru yang sangat akrab dengan kita, yaitu Internet. K-pop yang kita ketahui identik dengan girlgroup dan boygroup. bila diartikan, boygroup/girlgroup merupakan sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga anggota atau lebih, semuanya penyanyi laki-laki / perempuan muda. Biasanya anggota grup ini selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka. Mereka biasanya dibentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman dengan cara mengadakan audisi, di mana para peserti diuji penampilannya, kemampuan menyanyinya, dan kemampuan berdansanya. Mereka biasanya tidak memainkan alat musik sendiri (cr: https://id.wikipedia.org/wiki/Grup_vokal_pria). Di Korea Selatan, eksistensi Boygroup/girlgroup merupakan salah satu sorotan utama media yang selalu diikuti.



Karena frekuensi dan durasi pemberitaan akan artis K-pop dan industri K-pop melalui Internet sangatlah intens, maka banyak orang tertarik dan mulai mengidentifikasikan diri mereka sebagai penggemar artis K-pop dan memberikan perhatian khusus dengan menjadi konsumen tetap industri K-pop itu sendiri. Bukan hanya itu saja, kecintaan banyak orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap korean pop kemudian membentuk sebuah lingkungan baru yang disebut dengan fandom. Seperti Super Junior dengan fandom bernama E.L.F (Everlasting Friends), EXO dengan EXO-L, SHINee dengan SHAWOL (SHINee World), atau Infinite dengan Inspirit. Fandom adalahsebuahduniayangdiciptakanolehfanuntukmenyebutruang dimana merekabisaberkomunikasidengansatusamalaintentangbidangyangmereka minati.Didalamnyaterdapatnilai-nilaidankeyakikan-keyakinanyangmereka terapkanbersama. Namun bukanlah fandom yang menjadi unik pada pembahasan artikel ini. Saya ingin mengenalkan kepada fenomena fans K-pop lain yang masih jarang dibahas kebanyakan orang, yaitu Fansite.






Apa itu fansite?






Fansite jika diartikan secara harafiah akan menjadi sebuah situs pada internet yang digunakan oleh fans. Namun apa yang terjadi jika situs itu memiliki puluhan bahkan ratusan foto keseharian seorang artis? Atau situs tersebut hanya didedikasikan untuk sebuah boygrup/girlgroup? Atau bahkan hanya didedikasikan untuk salah satu member dari anggota grup tersebut?




Dalam Industri K-pop, Fansite ialah bentuk lain dari paparazi dan jurnalis. Jika jurnalis mengambil foto untuk kebutuhan foto jurnalistik, paparazi mengikuti banyak artis dan mengambil foto artis secara random, fansite hanya berdedikasi pada seorang artis /grup. Foto yang diambil merupakan hasil foto artis tersebut, baik sadar kamera maupun tidak (candid) dan foto yang diambil merupakan hasil foto dari seluruh kegiatan si artis. Fansite mengambil foto artisnya pada saat artis itu mempromosikan albumnya, filmnya, dramanya, atau pada saat jumpa fans, semua kegiatan konser di korea maupun tur dunia, sampai foto bandara artis tersebut. Fansite di Korea Selatan berjumlah ratusan tergantung seberapa banyak artis yang aktif pada industri K-pop. Contohnya, girlgroup SNSD / Girls generation yang sekarang beranggota 8 orang memiliki belasan fansite atau bahkan puluhan. 1 member SNSD bisa memiliki 2-3 fansite yang mengikuti seluruh aktifitasnya. Bahkan pada kasus grup lain seperti boygroup EXO, salah satu membernya memiliki lebih dari 20 fansite dan uniknya, 20 tersebut aktif mengikuti si member tersebut. EXO sendiri memiliki 10 anggota dan 2 ex-anggota, jadi tidak heran kalau semua fansite yang terkait dengan EXO digabung akan mencapai kurang dari 100 buah. Belum lagi ditambah dengan boygrop/girlgroup lainnya.

(cr: https://sprin9blossom.wordpress.com/category/exo/)



Keunikan lainnya dari fansite ialah adminnya yang tidak diketahui orang banyak. Hanya orang-orang yang berasal dari fansite lah yang dapat mengetahui identitas asli admin-admin fansite. Kebanyakan orang hanya mengenal admin fansite sebagai “fansite oppa” atau “fansite noona” (Oppa: sebutan untuk kakak laki laki. Noona: sebutan untuk kakak perempuan). Fansite rela mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta hanya demi mengikuti artisnya. Hal ini memang tidak terdengar rasional mengingat fansite tidak terkait dengan perusahaan media manapun. Namun ketika dicaritahu lebih dalam, ternyata beberapa admin fansite merupakan anak dari pemilik perusaahan besar, ada juga yang memang berasal dari keluarga kaya. Jadi semuanya membuat masuk akal darimana sumber keuangan fansite berasal. Bukan hanya itu saja, menurut informasi yang tersebar dari mulut kemulut, Fansite juga ternyata tidak selalu berdiri sendiri, fansite memiliki menejemen yang didanai oleh menejemen si artis favorit. Menejemen si artis melakukannya untuk menaikan popularitas artis tersebut. Ada pula kegiatan fansite yang membuat ia berbeda dari paparazi, yaitu interaksinya dengan si artis tersebut. Fansite memberikan hadiah kepada artisnya. Hadiah-hadiah yang diberikan pun tergolong mahal bagi orang biasa (sandang, dukungan makanan, gadget, sepeda, mobil, instrumen musik,dll).

14133345911979686667
14133345911979686667
14133347001855148214
14133347001855148214
1413334759739610161
1413334759739610161


(cr: twitter @mustplan_lay @EXOST12 @eyetoeye9294 )

Fansite juga melakukan donasi atas nama si artis dalam berbagai macam kegiatan sosial. Hasil foto Fansite pun tidak bisa dikategorikan dalam foto amatir, karena hasil fotonya dapat disejajarkan dengan hasil fotografi profesional.





14133352421364934918
14133352421364934918
14133354831528034989
14133354831528034989


(cr: twitter @kai_n_kimjongin @lkimfannet)


14133356211218473702
14133356211218473702


(cr: twitter @9493_room)

14133356552144970545
14133356552144970545



(cr: https://tieba.baidu.com/p/3337885442)




Orang mungkin akan menganggap fansite sebagai sarana apresiasi terhadap artis K-pop, namun jika dilihat dari sisi komunikasinya, fansite merupakan medium baru penyampaian pesan kepada audiens yang di prioritaskan kepada penggemar K-pop. Audiensmerupakansalahsatukajiandalamilmukomunikasi.Dulupara peneliti melihat audiens sebagai pihak yang pasif dalam menerima sajian media. Namun saat ini telah muncul pandangan baru yang melihat audiens sebagai pihak yang aktif dalam mengelola informasi dari media. Ketika foto-foto kegiatan si-artis di unggah kedalam situs, saat itulah semua orang dapat mengetahui pesan apa yang terlihat dari foto-foto tersebut. baik dari keberadaan si artis, apa yang mereka suka gunakan di kesehariannya lalu meniru gayanya, bahkan sampai mengetahui mood apa yang sedang dirasakan si artis. Hal ini dapat membuat orang termediasi lebih dalam dengan si artis walaupun mereka tidak pernah sama sekali melakukan interaksi langsung dengan artis tersebut.