Mohon tunggu...
Nurhidayah
Nurhidayah Mohon Tunggu... Lainnya - Maha Siswa

Salah satu hobi saya adalah menulis, menulis tentang apapun. Saya adalah seorang MahaSiswa.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Transaksi Digital Perbankan Syariah

6 Oktober 2022   17:50 Diperbarui: 6 Oktober 2022   17:55 68 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seiring berkembangnya pasar muslim di Indonesia, ekonomi Syariah khususnya industri keuangan Syariah turut berkembang pesat. Berbagai layanan terkait keuangan Syariah mulai menjadi pilihan bagi konsumen muslim. Sementara itu pandemi COVID-19 juga membuat percepatan dalam hal transformasi digital tak terkecuali di perbankan Syariah. Kini perbankan Syariah sudah semakin up-to-date mulai dari proses bisnis, pelayan hingga aktivitas promosi sudah banyak dilakukan secara digital.

Dengan adanya peningkatan layanan berbasis digital yang didorong oleh pandemi membuat perbankan berubah termasuk perbankan berbasis syariah. Syariah commercial finnance & social finance sekarang berbasis digital. Inovasi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia (BSI) dan juga Bank Muamalat Indonesia Tbk,  terutama dalam layanan mobile banking, sehingga bukan hanya sebagai alat transaksi keuangan namun juga memiliki fungsi yang lebih lengkap. Dengan begitu nasabah tidak perlu datang ke bank jika ingin membuat tabungan. Inovasi ini diharapkan bisa menarik nasabah milenial untuk menabung dan menggunakan bank syariah untuk kebutuhan keuangannya.

BSI ini unik karena tidak seperti yang lainnya, kami ada fitur gadai dan cicilan emas. Jadi nasabah bisa gadai dan cicil emas lewat mobile banking. Selain itu, banyak fitur lainnya yang bisa dijadikan andalan nasabah seperti transfer, pembayaran, hingga QRIS. Hery menegaskan BSI Mobile Banking bisa dijadikan sebagai sahabat keuangan sosial bagi nasabah, dan ke depannya akan menjadi sebuah super app banking.

Sementara Bank Muamalat memiliki aplikasi Muamalat DIN dilengkapi dengan fitur pembayaran menggunakan QR code yang terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standardisasi pembayaran menggunakan metode QR code dari Bank Indonesia. Fitur QR code Muamalat DIN saat ini sudah dapat digunakan untuk transaksi di merchant-merchant yang menggunakan logo QRIS, seperti toko ritel, SPBU, dan kotak amal. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi keamanan terbaru, seperti biometric login dan auto read one time password (OTP). Muamalat DIN juga bisa digunakan oleh non-nasabah Bank Muamalat karena terdapat fitur konten islami, seperti kalkulator zakat, jadwal shalat, dan arah kiblat.

Bank syariah ini sudah mulai memfasilitasi nasabah dengan keunggulan digitalnya yang digunakan berbagai fitur yang sangat memudahkan para nasabah. Harapan fitur tambahan ini dapat memenuhi semua kebutuhan layanan perbankan, baik itu untuk transaksi maupun investasi. Tentunya langkah yang Bank Syariah lakukan ini juga sesuai dengan semangat untuk menjadi lembaga keuangan yang terunggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan. Dengan begitu layanan bank syariah bisa memberikan layanan yang sama baiknya dengan bank konvensional.

Referensi

Makin Diminati, Bank Syariah Berinovasi ke Ranah Digital (suarapemerintah.id)

Transaksi Digital Perbankan Makin Diminati - Kompas.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan