Mohon tunggu...
Luh Wildayanti
Luh Wildayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Luh Wildayanti (2012061026)

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pahlawan Garis Terdepan Indonesia

27 Juli 2022   11:23 Diperbarui: 27 Juli 2022   11:32 96 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi adalah masa dimana masyarakat indonesia bahkan seluruh dunia mulai menjalani hidup baru atau peraturan yang baru. Banyak masyarakat yang tidak siap dalam menjalani proses pandemi ini. Selain sulit, pandemi juga menyiksa masyarakat Indonesia. Penyebab adanya pandemi ini di karenakan virus covid_19 yang melanda Indonesia tepatmya pada tahun 2020 lalu. Covid-19 adalah virus berbahaya yang mudah menyebar dan mengganggu system pernafasan manusia.

Awal mulanya covid-19 ini atau sering di sebut dengan virus corona, itu pertama kali ada di wuhan, China pada tahun 2019. Banyak yang berkata bahwa virus ini memiliki gejalasa sesak nafas, demam, panas, sakit kepala yang berlebihan.

Namun banyak juga orang yang terjangkit virus ini tidak mengalami gejala itu, sehingga ketika sedang berkontak langsung dengan orang lain virus inipun menyebar sehingga sulit utuk di cegah.

Virus ini juga sulit untuk dideteksi sehingga masyarakat tidak tau apakah dirinya terjangkit virus ini, sehingga banyak dari masyarakat setiap harinya terinfeksi virus covid-19 ini.

Selain itu bahayanya di karenakan virus ini adalah virus baru jadi dokter tidak memberikan penjelasan yang lebih apakah virus ini bisa terinfeksi kepada anak-anak dan ibu hamil atau bagaimana.

Namun di tegaskan lagi bahwa jika virus tentunya akan menginfeksi semua kalangan entah itu dari anak-anak ataupun ibu hamil.

Jika virus ini di biarkan maka akan memakan banyak korban. Dimana masa pandemic ini di buat bukan hanya sekedar peraturan saja melainkan demi kebaikan masyarakt Indonesia. Kini Indonesia sudah hampir 2 tahun lebih virus covid-19 ini melanda Indonesia, hingga masuk virus baru bahkan harus menjalani vaksinasi yang rutin.

Nah bagaimana jika virus ini terus melanda Indonesia? tentu akan membuat Indonesia krisis terutama pada bidang ekonomi bahkan virus ini sudah memakan banyak nyawa dari lansia bahkan hingga para anggota medis. Sebegitu mengerikannya virus ini.

Di kutip dari kompas.com pada tanggal 15 Desember 2020 lalu 363 petugas medis yang meninggal dunia akibat virus covid-19 ini. Nah rinciannya itu ada 202 dokter, 15 dokter gigi dan juga 146 perawat. Semua tenaga medis yang meninggal dunia ini akibat virus covid-19 tentu membuat para tenaga medis lainnya khawatir. Selain tenaga medis para keluarga yang memiliki anak menjadi perawat was-was dan takut jika korban selanjutnya itu anaknya.

Namun semua ini terjadi akibat cepatnya virus ini menyebar dan banyaknya masyarakat yang terinfeksi virus, hal itulah yang membuat semakin banyaknya tenaga medis melawan dan membantu para korban yang terinfeksi.

Apa yang harus tenaga medis ini lakukan? Selain hanya berusaha semaksimal mumngkin agar pasien yang terkena infeksi segera pulih. Tenaga medis adalah orang-orang yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sama hal seperti guru tanpa tanda jasa, tenaga medis juga adalah pahlawan garis terdepan bagi masyarakat Indonesia. bagaimana jika tidak ada tenaga medis apalagi dalam situasi maraknya covid-19 kemarin, mungkin saja Indonesia adalah salah satu negara yang mati akibat covid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan