Mohon tunggu...
Davina Keisha Salsabila
Davina Keisha Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Jurnalistik

saya adalah seorang yang senang membaca, menulis, dan suka dengan alam.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Hal yang Menarik dan Berkesan dalam Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar

2 Desember 2022   08:43 Diperbarui: 2 Desember 2022   08:53 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

 

Pesta sepak bola terbesar yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali yaitu Piala Dunia 2022 di Qatar telah sukses dimulai. Pada tahun ini Qatar dipercaya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia dan pesta sepak bola ini dijadwalkan pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Untuk pertama kalinya Piala Dunia diadakan di Jazirah Arab dan di negara berpenduduk mayoritas muslim. Piala Dunia 2022 juga menjadi Piala Dunia FIFA kedua yang diselenggarakan di Asia setelah Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. 

Piala Dunia kali ini diselenggarakan di 5 kota, diantaranya, Al Khor, Ar Rayyan, Al Wakrah, Doha, dan Lusail. Pesta sepak bola tahun ini diikuti oleh 32 negara dari seluruh dunia yang tergabung dalam 8 grup. Hal itu jelas akan membuat para suporter dari semua tim nasional negara yang berpartisipasi maupun yang tidak berpartisipasi akan datang untuk menonton pesta bola terbesar tersebut. Namun yang membedakan Piala Dunia 2022 dengan Piala Dunia sebelumnya adalah tidak akan ada yang namanya bir atau wanita yang berpakaian seksi karena Qatar sudah menetapkan peraturan.

Piala Dunia 2022 dimulai dengan pembukaan meriah yang dilaksanakan pada Minggu (20/11/2022) di Stadion Al Bayt di kota Al Khor. Upacara pembukaan Piala Dunia di Qatar mempertunjukkan budaya negara tuan rumah, penampilan musik, dan pesta kembang api yang menjadi penghias kemeriahan pembukaan tersebut. Acara pembukaan Piala Dunia kali ini menghadirkan sederet sosok yang berpengaruh seperti Morgan Freeman, Ghanim Al Muftah, dan Jungkook BTS.  Pada upacara pembukaan Piala Dunia 2022 dimulai oleh Morgan Freeman sebagai narator utama. 

Kemudian disambut oleh Ghanim Al Muftah yang merupakan Brand Ambassador Piala Dunia 2022 dengan lantunan QS Al Hujurat ayat 3 yang indah. Dengan lantunan ayat tersebut, secara tidak langsung Qatar ingin menyampaikan bahwa sepak bola adalah salah satu alat yang dapat menyatukan seluruh perbedaan yang ada di dunia ini.

Setelah itu, pembukaan Piala Dunia 2022 dilanjutkan oleh atraksi visual menakjubkan yang telah disiapkan oleh Qatar dan Qatar menampilkan medley sederet theme song Piala Dunia sebelumnya seperti, 'La Copa De La Vida', 'Waka Waka', hingga 'Hayya Hayya' yang merupakan salah satu soundtrack Piala Dunia 2022. Hal menarik lainnya dari pembukaan Piala Dunia 2022 adalah adanya parade bendera dan seragam tim nasional dari 32 negara peserta. 

Pada pembukaan juga hadir sejumlah maskot dari gelaran Piala Dunia sebelumnya dan maskot Piala Dunia 2022 di Qatar yaitu La'ebb juga hadir dengan ukuran yang sangat besar. Tak hanya itu, penampilan yang menjadi ikon Piala Dunia 2022 dan juga penampilan yang ditunggu-tunggu adalah penampilan Jungkook BTS yang menyanyikan theme song Piala Dunia 2022 di Qatar yang berjudul 'Dreamers'. Jungkook menari dengan lincah dan penampilannya turut diramaikan oleh para penari latar.

Dengan beberapa hal yang ditampilkan Qatar dalam acara pembukaan Piala Dunia 2022 ini membuat Piala Dunia 2022 sukses dimulai. Namun sayangnya, kesuksesan itu tak diikuti oleh keberhasilan tim nasional tuan rumah Qatar dalam memenangkan partai pertandingan pembuka yang berlangsung setelahnya. Hal itu membuat Qatar menjadi tuan rumah pertama yang kalah di laga pembuka sepanjang sejarah Piala Dunia hingga saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun