Mohon tunggu...
Naikal Jaya
Naikal Jaya Mohon Tunggu... Hobby saya adalah menulis

Saya akan buat informasi menarik di kompasiana, baik itu informasi Sewa Bus Pariwisata Jakarta, dekorasi, konstruksi, tips dan trik, serta informasi menarik lainnya. Hobby saya adalah menulis, dimana ilmu yang bermanfaat harus disampaikan sebelum kita kembali kepada-Nya

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

5 Cara Membuat Kamar Menjadi Kedap Suara

22 Oktober 2020   10:20 Diperbarui: 22 Oktober 2020   17:03 55 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Cara Membuat Kamar Menjadi Kedap Suara
Source image: google.com

Rumah memang menjadi tempat untuk kembali dan beristirahat setelah seharian beraktivitas, ketenangan tentu menjadi dambaan bagi setiap pemilik rumah agar mereka bisa merasakan kenyamanan berada di dalam rumahnya sendiri.

Namun terkadang ada saja faktor-faktor yang membuat rumah terasa sangat bising dan mengganggu ketenangan, misalnya saja suara tetangga, suara binatang peliharaan, dan suara kendaraan yang melintas di depan rumah.

Cara Membuat Kamar Kedap Suara dengan Mudah

Saat rumah terasa sangat bising, banyak orang memilih untuk beristirahat di dalam kamar tidur mereka. Tetapi tak sedikit orang yang masih merasa terganggu dengan suara-suara walaupun sudah berada di dalam kamar.

Kebanyakan rumah pribadi memang tidak menggunakan busa peredam suara karena memang terlihat sangat mengganggu dan berlebihan untuk digunakan di dalam rumah. Walaupun begitu, kamu tetap dapat membuat kamar yang kedap suara dengan menggunakan beberapa item berikut ini:

1. Memasang Weather Stripping di Jendela

Suara yang masuk ke dalam kamar bisa melalui sela-sela yang ada di jendela, untuk itu kamu dapat memasangkan weather stripping agarsela-sela jendela dapat tertutup rapi. Weather stripping ini berbentuk karet sehingga mampu meredam suara bising dari luar ruangan kamarmu. 

2. Menggunakan Cat Peredam Suara

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat, salah satu hasil dari perkembangan teknologi ini adalah berhasil diciptakannya formulasi untuk cat peredam suara.

Cat peredam suara dapat digunakan untuk meredam 30 persen kebisingan dari luar kamar, kamu dapat menggunakan cat ini untuk membantu menciptakan ketenangan di dalam kamar tidurmu sendiri.

3. Memasang Gorden

Selain menahan cahaya matahari, gorden juga dapat digunakan untuk membantu meredam suara yang ingin masuk ke dalam kamarmu, terlebih ketika gorden yang kamu pilih berbahan tebal.

Untuk memaksimalkan kenyamanan dan ketenangan di dalam kamar, kamu dapat memasang gorden di jendela dan di balik pintu agar kamar lebih kedap suara.

4. Gunakan Pintu UPVC

Pintu bahan upvc memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan pintu biasa, seperti meredam suara, lebih tahan lama karena tidak mudah keropos, dan tidak mudah karatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN