Mohon tunggu...
David kristanto
David kristanto Mohon Tunggu... Mahasiswa

Lahir di Banyuwangi | Geografi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gali Potensi Desa Tamansuruh Melalui Pembuatan Peta Administrasi Desa dan Peta Persebaran Lokasi Wisata

6 Juli 2019   06:54 Diperbarui: 10 Juli 2019   17:21 0 1 1 Mohon Tunggu...
Gali Potensi Desa Tamansuruh Melalui Pembuatan Peta Administrasi Desa dan Peta Persebaran Lokasi Wisata
img-20190710-wa0018-5d25bc6f097f3605ea36ca34.jpg

Tamansuruh merupakah salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Desa Tamansuruh memiliki begitu banyak potensi yang terkandung didalamnya, baik potensi sumber daya manusianya maupun potensi sumber daya alamnya.

Potensi sumber daya manusia yang ada di Desa Tamansuruh tergabung dalam beberapa organisasi, baik Karang Taruna, Unit Kegiatan Belajar Masyarakat (UKBM), dan kader Ibu-ibu PKK. Selain itu, masyarakat Desa Tamansuruh juga memiliki jiwa kesenian yang khas, hal tersebut dibuktikan dengan adanya kesenian pencak sumping, angklung, dan batik.

Selain itu, potensi sumber daya alam yang ada di Desa Tamansuruh terbilang maju, hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wisata yang ada di Desa Tamansuruh diantaranya yaitu Pemandian Kali Kotak atau yang lebih dikenal dengan nama Pemandian Tamansuruh, Pemandian Sumber Waras, dan Agro Wisata Tamansuruh.

Namun, sebagian besar potensi yang ada di Desa Tamansuruh belum banyak diketahui oleh masyarakat Banyuwangi pada khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.  Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-Pulang Kampung Universitas Negeri Malang berinisiatif untuk membuat Peta Administrasi Desa dan Peta Persebaran Lokasi Wisata Desa Tamansuruh. 

Tujuan dari pembuatan Peta tersebut adalah untuk memberikan wawasan dan informasi kepada masyarakat Banyuwangi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya mengenai kondisi dan potensi yang ada di Desa Tamansuruh.

Harapan dari pembuatan Peta Administrasi Desa dan Peta Persebaran Lokasi Wisata Desa Tamansuruh adalah bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Perangkat Desa Tamansuruh dan segenap masyarakat Indonesia yang akan berkunjung ke Desa Tamansuruh.

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke Desa Tamansuruh, jangan lupa sisihkan waktu Anda untuk melihat kondisi dan tujuan Anda melalui Peta Administrsi Desa dan Peta Persebaran Lokasi Wisata yang telah dirancang oleh Mahasiswa KKN-PK Universitas Negeri Malang.

VIDEO PILIHAN