Mohon tunggu...
David F Silalahi
David F Silalahi Mohon Tunggu... Ilmuwan - ..seorang pembelajar yang haus ilmu..

..berbagi ide dan gagasan melalui tulisan... yuk nulis yuk.. ..yakinlah minimal ada satu orang yang mendapat manfaat dengan membaca tulisan kita..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Biaya Kuliah di Australia yang Super Mahal Sesuai Kualitasnya

3 Agustus 2022   19:57 Diperbarui: 4 Agustus 2022   09:53 810 51 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kuliah di luar negeri| Dok Pexels.com/Yan Krukov via Kompas.com

Ada sebuah pepatah Jawa berbunyi 'ono rego ono rupo'. Secara sederhana bisa diartikan bahwa harga mencerminkan kualitas barang. Barang dengan harga tinggi umumnya memiliki kualitas yang lebih baik daripada barang dengan harga murah. 

Walaupun tidak harus selalu demikian. Tetapi barang bagus biasanya dibanderol dengan harga tinggi. 

Pepatah tadi pun relevan dengan universitas berbiaya mahal. Kampus berbiaya mahal umumnya kampus top. Sebagai contohnya, saya ingin membahas tentang kampus di Australia, yang menjadi salah satu negara tujuan kuliah favorit mahasiswa asing.

Australia punya kampus-kampus dengan reputasi ternama. Saat ini ada 13 kampus di Australia yang masuk top 200 (Theconversation, 2021), antara lain: University of Melbourne, Australian National University, University of Queensland, University of Sydney, University of New South Wales, Monash University, University of Western Australia, University of Adelaide, University of Technology Sydney, University of Wollongong, Macquarie University, Curtin University, Queensland University of Technology.

Ilustrasi. Arif Syuhada | pexels
Ilustrasi. Arif Syuhada | pexels

Padahal pada tahun 2019, hanya ada 8 kampus Australia yang masuk peringkat dunia. Bertambahnya jumlah kampus yang masuk peringkat top dunia ini semakin menambah daya pikat Australia pada mahasiswa internasional.

Peringkat kampus-kampus top di Australia | Theconversation.com)
Peringkat kampus-kampus top di Australia | Theconversation.com)

Mahal uang kuliahnya, tinggi peringkat kampusnya

Ada sebuah penelitian yang mencari hubungan apakah ada korelasi antara mahalnya international tuition fees dan peringkat kampus di Australia. 

Dua peneliti bernama Huckel dan Ramirez, dalam Studymove 2020, mengungkapkan bahwa ranking universitas yang tinggi memang berkorelasi dengan tingginya uang kuliah. Faktanya kampus-kampus berbiaya mahal di Australia, masuk dalam ranking top dunia. Sebaliknya pula, kampus dengan uang kuliah seadanya, rankingnya berada di urutan bawah.

Kampus dengan uang kuliah tinggi berada pada ranking tertinggi, dan sebaliknya. Kampus dengan uang kuliah kecil, rankingnya ternyata rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan