Mohon tunggu...
David F Silalahi
David F Silalahi Mohon Tunggu... ..seorang pembelajar yang haus ilmu..

..berbagi ide dan gagasan melalui tulisan... yuk nulis yuk.. ..yakinlah minimal ada satu orang yang terberkati dengan membaca tulisan baik dari kita..

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Dracor atau Drakor? Tatanan Hidup Baru atau PSBB Transisi?

6 Juni 2020   05:46 Diperbarui: 6 Juni 2020   05:47 55 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dracor atau Drakor? Tatanan Hidup Baru atau PSBB Transisi?
Adegan dalam drama Korea 'My Secret Terrius' (arynews.com)

Film drama 'My Secret Terrius' yang rilis pada tahun 2018 ternyata sudah menceritakan adanya virus Corona. Drama Korea ini membicarakan bahwa inkubasinya sampai empat belas hari, dan akan sulit menemukan vaksinnya. 

Netflix mencatat bahwa pada Maret 2020 lalu, penonton film ini di Inggris meningkat, naik menjadi urutan lima. Mungkin penasaran seperti apa isi filmnya. Baiklah, ini hanya mengantarkan saja, biar ada kaitannya dengan judul. Namun bukan ini yang selanjutnya kita bahas. Hehe

Dulu tahun 2010 saat menjadi pegawai baru di kantor, saya beberapa kali ditunjuk untuk menjadi notulis dalam suatu rapat. Saya bertugas mencatat poin penting dalam rapat, dan membuatkan rumusan notulensi rapat. 

Pada penghujung rapat, saya pun menayangkan konsep notulen dengan proyektor. Saya bacakan sambil memperbaikinya berdasarkan masukan dari peserta rapat.

Yang menarik adalah untuk merumuskan satu kesimpulan rapat cukup membuat bingung. Bos A inginnya bla..bla..bla.. Bos B inginnya ble..ble..ble.. Bos C inginnya bli..bli..bli.. dan seterusnya. Lalu sebagai notulis yang mengetik, bingung, yang mana yang harus diikutin. 

Akhirnya saya putuskan menulis pendapat dari yang paling tinggi pangkat dan jabatannya. Dan yang lain juga nurut akhirnya. Haha

Gamang Covid-19 

Saya pikir, kondisi ini juga terjadi pada masa pandemi covid-19. Tidak hanya di Indonesia, bahkan secara global. Semua mengalami hal yang mirip. Kegamangan terjadi pada pengambil keputusan. Si A pendapatnya begini. Si B pendapatnya begitu. Si C beda lagi. Banyak pendapat, banyak masukan. Tentu pusing kan.  Apalagi ini yang dihadapi adalah hal baru yang sama-sama tidak punya pengalaman mengatasinya. 

Kayak pengantin baru lah. Sama-sama masih lugu dan polos. Seolah-olah semua dilakukan tanpa persiapan dan hanya learning by doing. Hehe. Jadi kalau pun kebijakan atau aturan dari Pemerintah dinamis berubah, mohon dimaklumi saja. 

Ibarat hari ini kedelai, besok tempe. Yasudah, memang itu adanya. Kita sama-sama gak tahu kok. Tak etis saling menyalahkan. Apalagi sok lebih pintar. Jika memang PSBB akan dilonggarkan secara bertahap, sudahlah kita ikutin saja.

Drama yang terjadi pada masa PSBB:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN