Mohon tunggu...
David Basar
David Basar Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Jadilah Berkat Bagi Sesamamu!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Data Mining: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Metode dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

29 September 2022   14:00 Diperbarui: 21 Oktober 2022   12:16 286 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Ilustrasi Data Mining (Sumber: Longvan.net)

Informasi merupakan kumpulan data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang mudah dipahami oleh banyak orang. Kata informasi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Informationem yang artinya konsep, ide atau garis besar. 

Menurut Kelly (2011:10), informasi merupakan data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang. Kemudian, menurut Carlos Coronel dan Steven Morris (2016:4), informasi merupakan hasil dari data mentah yang telah diproses untuk memberikan hasil di dalamnya. 

Dari kedua pendapat di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa informasi merupakan suatu hal yang penting bagi semua orang karena kehadirannya dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru sekaligus sebagai bahan dasar dalam mengambil keputusan. 

Namun, seiring dengan berjalannya waktu seringkali kebutuhan informasi yang tinggi tidak diimbangi dengan penyajian informasi yang relevan sehingga informasi tersebut harus dikelola ulang dari data yang populasinya sangat besar.    

Pemanfaatan data dalam sistem informasi untuk mendapatkan pengetahuan baru dan kegiatan pengambilan keputusan tidak cukup hanya mengandalkan dari sisi data operasional saja, tetapi dibutuhkan suatu teknik analisis data untuk mengelola setiap potensi informasi yang ada. 

Hal ini dapat dibuktikan pada saat seseorang hendak mengambil keputusan, dimana orang tersebut berusaha untuk memanfaatkan data yang ada untuk dikelola dan digali lebih lanjut menjadi sebuah informasi yang penting. 

Pernyataan sebelumnya merupakan pembuktian dari data mining, dimana data mining hadir untuk mengolah data yang sebelumnya tersembunyi dalam gudang data (data warehouse) menjadi informasi atau pola yang sangat berharga.

1. Pengertian Data Mining

Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Menurut Turban & dkk (2005), data mining merupakan proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan dan machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terakit dari berbagai data yang sangat besar atau sering disebut dengan data warehouse. 

Teknik pada data mining digunakan untuk memeriksa setiap basis data yang berukuran besar sebagai cara untuk menemukan pola yang berguna dan sesuai serta dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pada sistem information retrieval.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan