Mohon tunggu...
David Basar
David Basar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Jadilah Berkat Bagi Sesamamu!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Revolusi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi

11 Agustus 2022   09:15 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:20 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Kegiatan Sosialisasi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Gambar 2. Contoh Implementasi Penggunaan Internet (Sumber: Maxmanroe.com)
Gambar 2. Contoh Implementasi Penggunaan Internet (Sumber: Maxmanroe.com)

Internet atau Interconnected Network adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Kehadiran internet memungkinkan para penggunanya dalam berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Pada layanan internet, terdapat standar global penggunaan internet yaitu menggunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP). Fungsi dari TCP/IP ini yaitu sebagai protokol pertukaran data yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Terkait dengan pembahasan internet, masyarakat di Indonesia mau tidak mau harus bisa menggunakan internet karena mobilitas digital yang kian marak digencarkan, meskipun masih terdapat sejumlah pro dan kontra di lingkungan masyarakat.

Gambar 3. Kegiatan Sosialisasi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Gambar 3. Kegiatan Sosialisasi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Berkaca pada pembahasan internet dan tema KKN yang berjudul Desa Peduli Pendidikan, kelompok 156 melalui kelompok kecil 5 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertajuk "Revolusi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi" sebagai salah satu rangkaian kegiatan program kerja KKN milik David Basar yang dilakukan di Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan di aula sekolah SMP PGRI 408 Cileunyi. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas 9 SMP PGRI 408 Cileunyi.  Kegiatan yang diadakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 mulai pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 11:20 WIB ini dihadiri dengan penuh antusiasme oleh seluruh peserta. Kegiatan sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh kurang minatnya siswa menggunakan internet dalam kegiatan belajar di rumah serta permintaan salah satu guru TIK yang memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan motivasi kepada seluruh siswa mengenai kehadiran internet dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah SMP PGRI 408 Cileunyi bidang Kurikulum yaitu Dodi Hamdani, S.Si., Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 156 yaitu Hendriyana, S.T., M.Kom. dan salah satu guru SMP PGRI 408 Cileunyi yaitu Dewi Sufiatin, S.Pd. Selain itu, saya mengucapakan terima kasih kepada rekan KKN seperti Anisa Hafsah Sya'baniah, Annisa Hasna Kartina, Diska Irresta Andani, Fanni Greis Lisetiani dan Firsly Sekarrini Budi Frasanty yang turut memberikan kontribusi dan sumbangsih waktu dan tenaganya dalam membantu kegiatan ini.

Gambar 4. Data Survei Profil Internet Indonesia Tahun 2022 (Sumber: APJII)
Gambar 4. Data Survei Profil Internet Indonesia Tahun 2022 (Sumber: APJII)

Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan kata sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMP PGRI 408 Cileunyi bidang Kurikulum dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 156, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pematerian oleh pemateri serta diakhiri dengan diskusi tanya jawab. Pada saat pematerian, pemateri menjelaskan mengenai pendahuluan dan sejarah internet, dampak positif dan negatif penggunaan internet, hubungan internet dengan dunia pendidikan, tips internet aman dan nyaman serta kesimpulan. Dalam kegiatan tersebut, pemateri memberikan sejumlah data dan fakta yang diperoleh dari Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengenai pengguna internet berdasarkan usia dan tingkat pendidikan serta konten internet yang sering diakses. Dari fakta dan data yang disajikan, penggunaan internet untuk kegiatan belajar berjumlah 2,81% dan hasil tersebut menempati peringkat ke-11 dari 12. Artinya, minat belajar siswa menggunakan internet masih rendah. Selain itu, pemateri juga memberikan sebuah tips internet aman dan nyaman kepada seluruh peserta melalui slogan SWAB. Perlu diketahui, SWAB merupakan akronim dari Selektif, Waspada, Antisipasi dan Bijak. Tujuannya yaitu agar seluruh peserta dapat bijak dalam memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, pemateri menekankan pentingnya penggunaan internet dengan baik dan bijak karena apapun yang kita lakukan tentu meninggalkan jejak digital dan bahayanya lagi apabila privasi diri tersebar bisa menjadi konsumsi publik.

Gambar 5. Kegiatan Sosialisasi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Gambar 5. Kegiatan Sosialisasi Internet terhadap Dunia Pendidikan di SMP PGRI 408 Cileunyi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Dari kegiatan sosialisasi ini, diharapkan seluruh peserta, khususnya siswa kelas 9 dapat memanfaatkan internet dengan baik dan bijak untuk mewujudkan literasi digital di dunia pendidikan, khususnya dalam mewujudkan semarak merdeka belajar di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan