Muda

Pendidikan Nasionalisme pada Generasi Muda

13 November 2017   22:59 Diperbarui: 13 November 2017   23:24 283 0 0

Rasa nasionalisme wajib dimiliki oleh seluruh generasi muda selaku generasi penerus Indonesia, dan nasionalisme juga menjadi syarat mutlah dalam hidup bernegara. Dalam upaya membangkitkan rasa nasionalisme pada generasi muda ada banyak hal yang wajib dilakukan oleh pemerintah. Salah satu yang terpenting dan mendasar adalah memperkuat fondasi dengan pembentukan karakter sejak dini melalui pendidikan karakter kebangsaan pada generasi muda.


Pendidikan karakter untuk mencintai negara merupakan salah satu hal yang harus ditanamkan bagi tiap-tiap generasi muda sedini mungkin. Karakter untuk mencinta bangsa dan negara merupakan fondasi awal untuk membentukan karakter jiwa nasionalisme dan upaya membangkitkan rasa nasionalisme pada generasi muda Indonesia. Secara umum pendidikan pendidikan karakter adalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan mendidik yang diperuntukkan bagi generasi muda. Tujuan utama dari pendidikan karakter adalah untuk membentuk dan menyempurnakan individu generasi muda dengan cara melatih kemampuan diri mereka sehingga mereka mengerti dan memahami jati diri mereka masing-masing.

         

Pendidikan karakter bukan hal baru dalam tradisi pendidikan di Indonesia. Beberapa pendidik Indonesia yang kita kenal seperti yang diajarkan oleh pendiri republic ini Soekarno telah mencoba menerapkan semangat pendidikan karakter sebagai pembentuk kepribadian dan identitas bangsa yang bertujuan menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berkarakter. Sedangkan pada bangsa Romawi pendidikan karakter lebih menekankan pada pentingnya aspek keluarga. Unsur dasar pendidikan karakter ala Romawi ialah memberikan nilai seperti mengutamakan kebaikan, kesetiaan, dan berperilaku sesuai dengan norma dalam masyarakat.


Pendidikan yang lebih berorientasi kepada pembentukan karakter sudah semstinya mendaptkan perhatian khusus dari pemerintan ataupun lembaga terkait yang berfokus kepada pendidikan di Indonesia. Bangsa ini membutuhkan generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme tinggi, dan ini bisa didapatkan setelah adanya pendidikan karakter yang baik. Ketika setiap pemuda Indonesia tetah memiliki karakter nasionalisme yang terbentuk sejak dini dari pendidikan-pendidikan yang berfokus pada pendidikan karakter dapat dipastikan tidak akan ada lagi generasi yang apatis untuk peduli dan cinta tanah air Indonesia ini.


Sudah sepatutnya setiap kita memiliki rasa nasionalisme. Nasionalisme tidak hanya untuk mereka yang sedang atau telah mengabdikan diri untuk negeri ini, namun lebih dari itu nasionalsme harus dimiliki oleh tiap-tiap anak bangsa. Khusunya generasi muda, semestinya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, karena cerita masa depan negeri ini ada di tangan generasi muda hari ini. Jangan biarkan arus globalisasi yang begitu tinggi membuat kita melupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia, hingga menghilangkan rasa nasionalisme yang ada di dalam diri kita.