Muda

Indonesia itu harus belajar lagi

25 November 2016   23:48 Diperbarui: 26 November 2016   00:01 55 0 0

Apa status Kewarganegaraanmu? Kalau kamu tercatat sebagai Warga Negara Indonesia, pernahkah terlintas dibenakmu tentangnegara kita, Indonesia? Apa yang menurut kamu harus dilakukan oleh Indonesiakita sekarang? Saya yang belum begitu paham akan dunia kritik-mengkritik, hanyadapat melakukan sebuah renungan. Apa saja yang sedang terjadi di negaratercinta kita? Apa yang bisa kita lakukan? Apa yang seharusnya dilakukan olehnegara kita, Indonesia?

Berikut beberapa renungan yang dapat saya tuangkan dalambentuk teks

Indonesia itu harus belajar, lagi. Belajar pendidikanlagi, supaya ingat tujuan mencari ilmu itu apa.

Ya, menurut saya pendidikan di negara kita belum merata.Dunia pendidikan kita sebagian besar hanyalah berdampak pada hasil ujian bukanpada hasil penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu banyak anak yang belummendapat pendidikan di pelosok dan juga begitu banyak anak yang merasa tertekankarena pendidikan yang didapatnya melebihi porsinya. Negara kita memilikipotensi besar untuk menjadi negara besar. Hanya saja negara kita belum memilikisistem yang kuat dan konsisten untuk mengembangkan bidang terpenting ini.Bahkan keadaan guru dibeberapa tempat pun terlihat memprihatinkan. Seandainyanegara kita dapat mencontoh hal positif dari sitem pendidikan Finlandia atauJepang, tentu wajah pendidikan kita akan menjadi lebih baik.

Dunia pendidikan kita sebagian besar hanyalah berdampak pada hasil ujian bukan padahasil penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Indonesia itu harus belajar, lagi. Belajar bahasalagi, supaya sadar untuk memperbaiki cara berbicara dan berkirimpesan dengan bahasa yang baik dan benar.

Pernahkah kita merasa bingung saat membaca sebuah chat atau pesan singkat dari seorang teman?Mungkin kita memahami maksudnya, mungkinjuga tidak. Mungkin maksudnya adalah untuk menyingkat kata atau terkesankekinian. Tetapi, ayolah…  Cobalah untuk lebih menghargai bahasa Indonesiadengan menerapkannya dalam kehidupan kita. Jika kita, seluruh warga Indonesiadapat belajar memahami dan menggunakan bahasa Indonesia lebih baik lagi, tentutidak akan ada orang yang bingung atau gagal paham dengan kode-kode unik itu.

Cobalah untuk lebih menghargai bahasa Indonesia dengan menerapkannya dalam kehidupankita.

Indonesia itu harus belajar, lagi. Belajar agama lagi,supaya paham bagaimana mengatur keseimbangan individu dan sosial dalam banyakhal, termasuk moralitas.

Saya bukanlah seorang cendekiawan atau ulama yangberniat untuk menceramahi apalagi menggurui akan suatu hal. Saya hanyalahseorang remaja yang , menurut saya Indonesia perlu belajar agama lagi. Mengapa? Karena belum terwujudnya kedamaian dan kerukunan antar umat secara optimal.Kalau Indonesia belajar agama lagi, dengan lebih baik dan secara sadar, mungkintidak akan ada lagi persinggungan mengenai hal yang berhubungan dengan SARA,kriminalitas, penyimpangan moral dan sosial. Semua orang dapat hidup rukun dandapat menempatkan diri pada porsinya.

Ya,Indonesia perlu belajar agama lagi dengan lebih baik dan lebih sadar.

Indonesia itu harus belajar, lagi. Belajar dari pengalaman lagi, supaya bisa lebih menghargai kesalahan untuk memperbaikidiri dan sistem yang ada.

Kesalahan adalah sebuah media untuk kita belajar. Ya,belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan. Belajar untukmemaafkan diri dari kesalahan yang pernah dibuat. Juga, belajar untuk mencarisolusi memperbaiki kesalahan di masa lalu. Indonesia sudah memiliki banyakpengalaman setiap bergantinya kepemimpinan. Namun rasanya masih perlu terusberbenah diri memperbaiki dan menguatkan sistem yang sudah ada secara konsistendemi kebaikan bersama.

Semua pasti mengharapkan yang terbaik untuk negaratercinta ini karena siapa lagi yang akan mencintai Indonesia selain warganyasendiri? Kita dapat memulai langkah kecil dari hal yang paling dekat dengankita, yaitu berbuat sesuatu di bidang yang kita suka. Setidaknya, ada hal yangdapat kita banggakan karena kita melakukannya di sini, di tanah air tercinta.

Kalau Indonesia saja masih harus belajar, bagaimana dengan warganya?

Tentu saja kita juga harus terus belajar. Belajar bukanhanya di sebuah bangunan bernama sekolah. Belajar bisa kita lakukan dimanapun.Bahkan ketika dirimu merenung dalam diam, itu juga dapat disebut sebagaibelajar. Belajar mengenali diri sendiri.

Bagaimana dengan pendapatmu?

Sumber: http://www.hipwee.com/opini/indonesia-itu-harus-belajar-lagi/