Mohon tunggu...
David asteraalghozy
David asteraalghozy Mohon Tunggu... Editor - STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

saya david astera alghozy mahasiswa STIE TANJUNGPINANG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kreativitas Meningkatkan Kualitas Kinerja Karyawan

29 September 2022   19:00 Diperbarui: 29 September 2022   19:02 211 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kinerja merupakan suatu keberhasilan yang dicapai oleh seseorang dengan menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien, sehingga hasil kerja yang dihasilkan akan memiliki nilai yang berkualitas dan berkuantitas. Kinerja menjadi peran penting dalam  proses kerja karyawan dalam suatu perusahaan dengan memberikan suatu hasil kerja yang baik, teratur, tepat waktu dan tujuan yang tercapai. Jadi maka dari itu kinerja menjadi peran penting untuk menjalankan suatu perusahaan. 

Kinerja karyawan merupakan masalah utama dalam perusahaan. nah jadi kinerja karyawan sangat berpengaruh dalam perusahaan dengan  banyaknya karyawan berkontribusi seperti perilaku sikap, kehadiran karyawan, kualitas kerja karyawan. Oleh karena itu kinerja karyawan harus sangat diperhatikan lagi di dalam perusahaan untuk menghasilkan hasil kerja yang baik bagi perusahaan. Jika karyawan dengan kinerja yang baik maka hasil kerja  akan menghasilkan nilai nilai yang berkualitas bagi perusahaan nah sebaliknya ketika karyawan yang memiliki kinerja yang kurang baik maka akan terjadinya penghambatan kerja sehingga hasil yang diterima pun akan diluar ekspetasi perusahaan. Oleh sebab itu keterampilan yang dimiliki oleh seorang karyawan harus ditingkatkan melalui pelatihan kinerja karyawan. 

Untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan tidak harus selalu ada dorongan dari perusahaan, tetapi dengan adanya kemampuan kreativitas yang dibangun oleh diri sendiri maka akan meningkatkan pola pikir cerdas dan tujuan yang akan dicapai. Kinerja karyawan akan lebih berkualitas setelah adanya pola pikir yang kreatif yang diberikan karyawan kepada perusahaan. Jadi kreativitas yang dimiliki oleh setiap karyawan akan menciptakan peluang bersaing lebih besar dengan perusahaan pesaing lainnya.

 Suksesnya suatu perusahaan ditentukan oleh kemampuan individu yang terbagi dari beberapa faktor seperti pendidikan, pelatihan dan inovasi. Di era globalisasi saat ini menuntut kinerja perusahaan yang tinggi untuk  dapat bertahan di tengah tengah persaingan yang sangat ketat. 

Istilah kreativitas selalu memiliki arti yang berbeda beda oleh beberapa ahli menurut Reni Akbar dalam Latifah Husein ( 2017:82 ) kreativitas adalah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menciptakan ide atau melahirkan sesuatu yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. 

Kreatfivitas karyawan sendiri merupakan pusat kelangsungan hidup jangka panjang bagi suatu perusahaan karena karyawan dapat menghasilkan ide ide baru dan berpotensi berguna untuk menciptakan suatu hal yang baru dengan membantu meningkatkan perkembangan dalam perusahaan. Dengan demikian kreativitas dapat meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas yang diberikan dan kesuksesan dalam karirnya. 

Pengembangan dari dalam diri yang mengacu pada keyakinan bahwa individu memiliki kemampuan untuk menghasilkan sesuatu hal yang kreatif dan pengembangan kreativitas diri memberikan pandangan dinamis tentang bagaimana individu merumuskan dan mengubah penilaian efektivitas dari waktu ke waktu dan pengalaman dalam lingkungan kerja. Oleh karena itu karyawan yang memiliki pola pikir kreatif akan sangat dibutuhkan di dalam suatu perusahaan dengan ide ide yang baru agar perusahaan dapat melaksanakan dengan lebih optimal. 

Manfaat Kreativitas bagi perusahaan :

-Menghasilkan produk yang berkualitas 

-Menghasilkan ide ide alternatif dalam menghadapi masalah 

-Menciptakan ide ide baru bagi perusahaan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan