Mohon tunggu...
David purwo
David purwo Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Hubungan Bioteknologi Kesehatan dan Kefarmasian

25 November 2018   13:06 Diperbarui: 25 November 2018   14:02 1825 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hubungan Bioteknologi Kesehatan dan Kefarmasian
biojp-5bfa479712ae94626f388425.png

Pengertian bioteknologi

Tempe merupakan salah satu cotoh hasil dari bioteknologi. Perhatikan cara pembuatan tempe. Tempe berasal dari kedelai, setelah mengalami proses dengan pemberian ragi tempe maka akan dihasilkan tempe. Ragi tempe merupakan salah satu jenis jamur, yaitu rhizhopus oryzae.

Bioteknologi berasal dari bahasa latin, yaitu bio (hidup), teknos (teknologi = penerapan) logos (ilmu) berarti ilmu menerapkan prinsip-prinsip biologi. Sebenarnya bioteknologi bukan suatu disiplin ilmu, melainkan suatu ilmu terapan. Menurut sardjoko (1991), bioteknologi proses-proses biologi oleh mikroorganisme yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Bioteknologi diartikan pemanfaatan makluk hidup atau rekayasa organisme sistem atau proses biologis untuk menghasilkan produk bermanfaat bagi manusia yang menghasikan suatu barang, dapat dikatakan pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk bagi kepentingan manusia. Bioteknologi dibagi 2 macam yaitu Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern.

1.Bioteknologi Tradisional (Konvensional)

Bioteknologi tradisional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroba,proses biokimia dan proses genetik secara alami, misalnya mutasi dan rekombinasi genetik.

Tahukah anda bahwa aplikasi bioteknologi tradisional mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, yaitu aspek pangan, perternakan, pertanian, dan kesehatan. Berikut contoh di bidang kesehatan:

  • vaksin merupakan mikroorganisme yang toksinnya dimatikan dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.
  • antibiotik, merupakan hasil isolasi dari bakteri danjamur yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

2.Bioteknologi Modern

Bioteknologi sangat berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Pada dasarnya bioteknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Hal ini ditunjang oleh penemuan-penemuan baru dibidang ilmu-ilmu yang lain. Misalnya mikrobiologi, biokimia, genetik, biologi molekuler, biologi sel, dan fisika.

Beberapa contoh hasil dari bioteknologi modern  di bidang kesehatan :

  • manipulasi produksi vaksin dengan menggunakan eschericia coli dibidang pangan agar lebih efisien.
  • hormon pertumbuhan somatrotopin hasil dari eschericia coli.

A.Pemanfaatan Mikroorganisme Sebagai Obat

Mikroorganisme yang membantu dibidang kesehatan diantaranya antibiotik dan vaksin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x