Mohon tunggu...
Dee Aviantari
Dee Aviantari Mohon Tunggu... Digital Mom - Online Shop, Blogger, Financial Planner

Tuhan yang kami sebut dengan berbagai nama, dan kami sembah dengan berbagai cara, jauhkanlah kami dari sifat saling melecehkan. Amin.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Belajar Vlog dari Ahlinya

15 November 2018   16:23 Diperbarui: 15 November 2018   16:29 0 1 0 Mohon Tunggu...
Belajar Vlog dari Ahlinya
Sumber: Muthiah Alhasany - CLIKompasiana

Makin berkibarnya  eksistensi Youtuber dengan pendapatan fantastis belakangan ini membuat saya jadi tertarik untuk mencermati  lebih jauh. Kesimpulan sementara sih, generasi milenial yang merupakan konsumen Youtube nomor wahid dengan kecenderungan memilih tontonan film, lagu, something unyu/ konyol.

Setelah itu disusul dengan golongan kaum Hawa yang ternyata juga demen nonton Youtube. Kalau kaum Hawa demen nonton tutorial, mau tutorial masak, tutorial make up mauun tutorial berhijab. Gak main-main loh penontonnya hingga jutaan.

Seorang Youtuber asal Korea yang membuat riview aneka makanan Indonesia ternyata berhasil meraup income hingga Rp. 1 Milyar lebih/ bulannya. Melebihi pendapatan Najwa Shihab dari Youtube-nya yang mencapai Rp. 800 jutaan/ bulannya.  

Ini membuat saya yang memiliki usaha bakulan online jadi mulai berhitung, bisa gak ya jualan online via Youtube? Saya lantas menggunakan icon search penjualan suatu alat masak dan apa yang saya temukan?  

Gila Ndro, itu pisau ulir serba guna dengan tutorial memakai aplikasi Boomerang bisa laku 400 unit. Alat senam srosot-srosot di lantai yang konon bisa mengecilkan lengan dan perut itu bisa laku 200 unit.

Belum lagi  sebagai Blogger, saya pun ingin mengeksplore blogging melalui video, yang istilah kerennya Vlog. Segitu hebatnya daya tarik ngeVlog ini hingga saya perhatikan bayarannya pun tinggian Vlog dari Blog. Mungkin karena picture speak louder than words,   

Fix sudah, saya harus belajar menggunakan Youtube. Tapi belajarnya dimana, secara saya malas membeli buku dan melihat tutorial. Makanya begitu komunitas CLIK -- Commuter Community Kompasiana membuka kelas Belajar Vlog, langsung deh saya mendaftar. Dan dari kelas yang diselenggarakan pada Sabtu, 10 November 2018 lalu saya jadi banyak belajar tentang Vlog yang disampaikan Kompasianer berpredikat The Best Opinion Yon Bayu Wahyono. 

Selain sibuk nulis di Kompasiana serta UCWeb, beliau juga penulis Novel Misteri. Dan yang terpenting, beliau juga terjun ke dunia Vlog dan memiliki akun Youtube yang sudah menghasilkan pundi-pundi Rupiah.

Bapak satu ini membuka percakapan dengan memperkenalkan beberapa applikasi untuk download video, editing, mengisi suara. Applikasi dari yang sederhana dan gratis hingga yang lebih sophisticated dan berbayar. Ini salah satu contoh dari applikasi berbayar:

Sumber: Screenshot Google
Sumber: Screenshot Google
Sebelumnya Yon Bayu mengingatkan untuk membuka akun Youtube terlebih dahulu. Caranya mudah karena hanya lewat akun Gmail, kita bisa membuat akun Youtube itu. Buatlah dulu, walaupun belum akan dipergunakan sebab makin panjang usia suatu akun Youtube akan makin bagus untuk perhitungan, semisal untuk analytical maupun rasio. 

Seperti yang dilakukan Yon Bayu, akun Youtube-nya dibuat akhir tahun 2017 dan mulai diisi serta fokus pada awal tahun 2018. Mengisi dengan video-video berisi analisa-analisa serta informasi politik terkini, akun Youtube Yon Bayu  menjadi semacam tontonan yang dibutuhkan para pemerhati politik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x