Mohon tunggu...
David Bekam
David Bekam Mohon Tunggu... Konsultan - Inovator yg hidup dengan inovasinya

Inovasi membuat yg tidak mungkin menjadi mungkin www.nzpro.co.id

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perjalanan Hidupku Seperti Jet Coaster

20 Desember 2015   22:44 Diperbarui: 21 Desember 2015   22:50 455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Ilustrasi jet coaster

Seringkali kita mendengar ungkapan kebanyakan orang, bahwa perjalanan hidup itu seperti Roda berputar, kadang kita diatas, kadang di tengah dan juga bisa ada di bawah, ungkapan tersebut engga salah, karena memang banyak orang mengamini hal tersebut, dan memang sudah terjadi didalam hidupnya.

Sebagai seorang inovator, saya merasakan perjalanan hidup saya beserta keluarga tentunya, bukan seperti roda yang selalu berputar, buat saya perjalanan hidup saya seperti permainan wahana Jet Coaster, saat menanjak lebih lambat dari pada saat menurun, tapi tidak lama kemudian menanjak lagi dan turun lagi, dan permainan ini biarpun menegangkan selalu banyak peminat, menjadi permainan  yang bikin takut, tapi juga penasaran pengen coba.

Saya mulai 20 tahun yang lalu dari belum punya apa-apa, memulai inovasi dari menjual rumah kecil di Griya Katulampa ( nama yang sangat popular saat musim hujan, karena selalu mengirim air untuk memberkati kota Jakarta ) dengan modal rumah itu saya memulai membuat produk inovasi, tanpa bimbingan siapapun, tanpa mentor, tanpa latar belakang pendidikan yang memadai untuk memulai sebagai inovator pertanian, awalnya saja istri sudah dag dig dug ….apa bisa berhasil ? tapi dengan penuh keyakinan saya bilang saya pasti bisa berhasil, perasaan dag dig dug persis sama saat kita mau naik wahana Jet Coaster.

Lalu saya jalani, 3 tahun tanpa hasil, uang habis, modal hilang, dan harapan mau terbang, luar biasanya istri saya tidak menyalahkan saya, dia malah tetap mensupport, saat saya belum ada penghasilan, istri yang bantu ekonomi keluarga, dia ahli bikin kue kering, pesanan selalu ada dan itu membantu ekonomi keluarga kami, modal kepercayaan istri membuat perjalanan hidup kami mulai meningkat, saat berhasil membuat produk pupuk cair, kehidupan keluarga kami mulai naik pelan-pelan, saat terima order besar, eh perkongsian bubar, langsung perjalanan Jet Coaster nya menurun dengan cepat, tetapi saya mulai bangun kembali usaha di Bandung, dan lambat laun Jet Coaster nya menanjak lagi, tahun 2008 – 2009 saat itu adalah saat perjalanan usaha kami berhasil, berkembang pesat, dan saat di ambil alih dengan paksa, membuat perjalanan hidup keluarga kami turun dengan cepat, bahkan sampai titik paling rendah, yaitu masuk hotel prodeo, lalu saat bebas , perjalanan hidup kami mulai menanjak lagi , menanjak secara perlahan dan pasti terus naik, bila nanti harus menurun juga, itu akan  menanjak lebih tinggi lagi turunan yang menambah tenaga gravitasi untuk mengangkat kami lebih tinggi lagi, dan bila harus turun ,kapan saja kami harus siap, siap mental, siap segalanya, ini membuat kehidupan kami selalu bergairah, adrenalin kami selalu mengalir deras, membuat kami menjadi lebih mawas diri, lebih waspada dan berusaha untuk selalu rendah hati, karena keadaan diatas bisa saja engga lama akan menurun lalu naik lagi.

Saya berharap perjalanan hidup saya bisa menjadi inspirasi buat teman-teman semua, bahwa kehidupan itu sangat indah, sangat menarik, walau dinamikanya berjalan terlalu cepat, tapi tiap perjalanan selalu membawa tambahan pengalaman, pengalaman yang selalu indah untuk dibagikan, dan inilah hidup yang menyenangkan, membuat saya selalu sehat dan awet muda….he he he

Hidup adalah alamiah, lahir, besar, dewasa, tua dan akhirnya mati, adalah siklus kehidupan yang pasti akan kita alami, jadi pilihan ada di tangan kita sendiri, mau mengasihani diri, atau tetap tegar dan bangkit saat terpuruk, berjuang untuk kehidupan yang lebih baik dan bermartabat, 2 hal keputusan yang bertolak belakang, dan hasilnya juga pasti berbeda, semua tergantung kita menjalaninya, dan jangan lupa sebagai orang beragama, dalam segala keadaan harus selalu bersyukur dan berdoa.

Inovasi membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin

Salam inovasi

Bersambung….http://www.kompasiana.com/davebekam/susu-selalu-naik-setiap-hari_56781ec5729773d014f0c31d

Artikel menarik sebelumnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun