Mohon tunggu...
Firdausi Nuzula
Firdausi Nuzula Mohon Tunggu... Jurnalis - Anak laut

selembut air

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

100 Tahun Eka Tjipta Widjaja Membangun Sinar Mas untuk Indonesia

13 Agustus 2022   21:11 Diperbarui: 13 Agustus 2022   21:21 277 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
100 Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan sosok pria inspiratif sepanjang zaman, khususnya di dunia bisnis. Eka Tjipta Widjaja telah menghadap tuhan pada 26 Januari 2019 lalu, namun semangatnya tetap hidup di relung-relung  para pejuang nasib.

Semangat pantang menyerah dan sifat sosial yang diwariskan oleh sang Founding Father. Eka Tjipta Widjaja tetap akan menjadi kiblat para anak muda dan para perintis usaha.

Bagiamana tidak, Eka Tjipta Widjaja yang membangun Sinar Mas dengan penuh keringat dan perjuangan, ia justru mampu melewati badai besar itu. Sehingga sampai saat ini, Grup Sinar Mas yang dibangun dengan keringat itu tumbuh menjulang bak perusahaan raksasa.

Meski sudah tiada, pendiri Asia Pulp & Paper Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja ini memang akan menjadi sosok inspirator yang akan dikenang sepanjang masa.

Dengan semangat kegigihannya membangun grup Sinar Mas, Asia Pulp & Paper Sinar Mas yang bergerak di bidang pulp atau bubur  dan kertas yang dibangun pada tahun 1972.

Pabrik tersebut kemudian berkembang memproduksi jenis produk lain dan menjadi pabrik kertas pertama korporasi Sinar Mas. Seiring perkembangannya, pabrik tersebut kini memproduksi beragam produk seperti pulp, kertas, kemasan, dan tissue.

Bahkan kini produk Asia Pulp & Paper Sinar Mas sudah dipasarkan di lebih dari 150 negara dan menjangkau enam benua.

Selama hampir 50 tahun, Asia Pulp & Paper Sinar Mas juga telah tumbuh dengan berbagai inovasi serta menghadirkan produk-produk berkualitas demi memenuhi permintaan global yang terus meningkat akan kertas cetak, tulis, produk kemasan konsumen dan industri, serta kertas tisu.

Selain itu, ada 28 perusahaan yang merupakan unit usaha dan mitra pemasok Asia Pulp & Paper Sinar Mas yang bergerak di bidang industri kehutanan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang berlokasi di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, serta pabrik kertas PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP).

Sebagai Perusahaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, Asia Pulp & Paper Sinar Mas juga sangat memperhatikan dalam menciptakan produk-produk berkualitas dan beroperasi dengan memperhatikan karyawan, masyarakat serta lingkungan di manapun beroperasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan