Mohon tunggu...
Deni I. Dahlan
Deni I. Dahlan Mohon Tunggu... Penulis - WNI

Warga Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Sang Penunggang Ikan

18 Mei 2021   17:54 Diperbarui: 18 Mei 2021   18:14 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sang penunggang ikan. (Sumber Ilustrasi: Pixabay)

"Oh ya, ngomong - ngomong kemana jalan menuju ke daratan? Aku ingin kembali kesana."

"Biar aku antar kau. Kalau kau berjalan sendiri, para penonton tadi bisa menangkapmu.."

"Tunggu dulu. Aku dan kau baru kali ini ketemu, dan aku sudah mengacaukan balapanmu, tapi kenapa kau malah menolongku?"

Si nona mengedip -- ngedipkan kedua matanya selama beberapa saat.

"Hemmm.. Menolong ya? bagaimana menjawabnya ya.."

Si nona bertopang dagu sebentar, lalu berkata.

"Mungkin begini.. Dulu.. aku punya beberapa teman. Mereka mengajariku caranya menjinakkan ikan liar, menunggang ikan dan bagaimana cara memenangkan balapan. Setelah itu, aku ikut balap ikan itu dan kadang menjadi juara.  Aku bangga, senang dan terus terpacu untuk latihan."

Setelah memperlihatkan beberapa piala kemenangannya, nona itu meneruskan.

"Lalu suatu hari aku merasa, kalau tidak ada mereka yang mengajariku, tentu aku tak bisa menjadi juara. Sampai akhirnya aku ingin memberi sesuatu kepada mereka, sebagai bentuk terimakasih. Tapi sayangnya, sebelum itu terwujud, satu per satu mulai tiada."

"Tiada bagaimana?"

"Mereka ada yang pindah ke sungai lain. Ada juga yang sudah tutup usia. Padahal aku belum memberi apa -- apa kepada mereka. Sejak itulah aku ingin menebusnya, dengan cara menolong siapapun yang bisa ku tolong."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun