Mohon tunggu...
Dasilva ari
Dasilva ari Mohon Tunggu... Pengacara - Sebab kita sering lupa, maka menulis adalah kunci

Coguyon ergo sum

Selanjutnya

Tutup

Diary

Nasihat dari Saya, Pro Player PES, untuk Mereka yang Suka Alasan Ketika Kalah Main Gim Ini

15 Desember 2021   14:35 Diperbarui: 16 Desember 2021   13:18 374 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saya tergolong orang yang jago sekali saat Main PS, khususnya gim PES yang cukup familiar di kalangan penikmat gim di dunia. Seperti Captain America yang selalu bilang "I Can Do this All day" di setiap pertarungan. Kira-kira Seperti itu saya kalau main PS.

Karena terlalu sering Main PS, hampir semua strategi dan gaya permainan lawan saya kuasai. Beberapa yang saya temui, memang lebih jago kalau menggunakan tim andalannya, ada beberapa yang jago dengan skema taktik ala --ala taktik di kehidupan nyata, adapula yang lihai betul gocek-gocek bola menggunakan pemain seperti Ronaldo dan Messi. Ada juga yang jogo betul untuk cari alasan ketika kalah.

Maksud saya begini, role play gim pes itu sederhana sekali, strategi dan taktik apapun adalah sah dan selalu dibenarkan, begitupun soal menang dan kalah. Namun secara etik, tidak boleh kalah adalah aturan pertama yang mengesampingkan semua aturan gim pes yang ada. Sebab, katanya memang betul rekor kalah main pes tidak akan dibawa mati, namun akan dibawa ke tongkrongan.

 Sehingga mencari alasan adalah solusi terakhir setelah berbagai macam strategi di dalam lapangan gim dirasa menemui kebuntuan. Biasanya alasan-alasan baik masuk ataupun tidak masuk di akal akan keluar saat mendekati menit-menit akhir saat diambang kekalahan. Seseorang yang tidak terlalu jago main gim ini biasanya memiliki skill mencari ribuan alasan, yang tentunya bisa menyerang psikis lawan. Prinsipnya satu, boleh kalah di gim, tapi jangan sampai kalah adu alasan.

Memang ngeselin banget orang-orang seperti ini. Saya meskipun jago main pes, bagi saya kekalahan adalah hal yang lumrah kok, gak perlu terlalu banyak alasan. Saya ketika kalah, lebih memilih untuk face it like a man, kalah ya main lagi, ajak tanding ulang. Jangan banyak alasan yang justru akan menunjukan kelemahanmu.

Soalnya, jujur aja. Alasan-alasan saat kalah main pes makin kesini makin tidak nyambung dengan sistem dan skema permainan yang ada. Faktor -- faktor yang dijadikan sebab alasan kekalahan mulai dikait-kaitkan dengan hal-hal yang tidak masuk akal, tidak dapat diterima dan mudah dipatahkan. Mari saya ajak kalian untuk membedah satu persatu alasan dari mereka.

Alasan pertama adalah faktor stik yang rusak. Alasan yang paling klasik dan menjengkelkan. Dalam posisi menang, tapi lawanmu menyalahkan kekalahannya karena stik yang digunakan tidak nyaman atau tidak berfungsi dengan baik, adalah salah satu hal paling tidak nyaman yang pernah saya rasakan. tujuan yang diharapkan dari mereka yang mengatakan ini adalah rasa bersalah kita atas kemenangan kita sendiri dan mencoba mencari simpati atas kekalahan yang di deritanya. Setelah tujuannya tercapai, kemenangan demi kemenangan yang kita raih akan terasa hambar di barengi dengan gerutu dan keluhan dia soal stik yang gak beres.

Padahal perjalanan hidup menawarkan berbagai macam pilihan dan jawaban ketika menjalani hidup dirasa sulit. Cotohnya ketika kita gak lulus mata kuliah karena terlalu banyak bolos karena gak ada kendaraan ke kampus, solusinya ya naik ojek online, atau nebeng temen kalau mau gratis. Begitu pula dengan perkara stik ini. Kalau dirasa stik nya gak beres, gerak ke operator minta ganti stik, that thing, it's that easy.

Sama seperti alasan kedua, yang mulai menyalahkan pemain andalannya sedang tidak fit untuk dimainkan, atau tim andalannya dipakai orang lain. Ada sekitar 100 lebih tim dan ratusan pemain di gim tersebut yang bisa digunakan dan bisa jadi lebih bagus daripada pemain dan tim andalan mu. Jadi harusnya hal ini bukan jadi alasan dong? Karena lagi-lagi, masih ada opsi untuk memilih.

Ini dia alasan yang gak masuk akal, menyalahkan mitos, dan hari sial. Menggunakan tanda-tanda spiritual untuk menutupi kekalahan, menyalahkan penggunaan stadion, menyalahkan penggunaan jersey, wasit yang tidak adil, dan lainnya. Developer gim ini mengembangkan gim dengan penuh perhitungan matematis, dikembangkan dengan ilmu pengetahuain teoritis soal software, diukur dan disesuaikan dengan data menggunakan analis. sehingga bagi saya, kalau dalam permainan tetap jarang menang, artinya??? Kemudian menyalahkan wasit atas keputusannya di game. Silahkan gugat saja ke FIFA kalau emang bisa.

Ini soal perspektif dan sudut pandang. Hal-hal diatas adalah nasihat dari saya yang sangat pro main gim pes. Intinya adalah jangan banyak alasan kalau kalah. Hadapi saja secara jantan.toh di pertandingan terakhir saya juga kalah, waktu itu karena stiknya nggak enak dan saya nggak pakai tottenham, klub andalan saya di pes. Santai saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan