Mohon tunggu...
Darwin S.Kom M.Kom CPS CRSP CH
Darwin S.Kom M.Kom CPS CRSP CH Mohon Tunggu... Dosen & Manager

1. Dosen di STMIK Mikroskil. 2. Management di PT Royal Utama Makmur.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Resolusi Hidup Anda?

3 Desember 2019   23:42 Diperbarui: 3 Desember 2019   23:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Apa Resolusi Hidup Anda?
Sumber: freepik.com

Resolusi sebuah kata yang sudah tidak asing lagi kita dengar, kata yang sering muncul ketika penghujung tahun akan tiba. Lantas apa makna dari resolusi  ini? Resolusi yang berarti kebulatan tuntutan yang telah ditetapkan biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. 

Resolusi tahun baru dimana merupakan tradisi di seluruh dunia, dimana seseorang akan berjanji untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada hari tahun baru. 

Akan tetapi, sebelum kita beranjak ke tahun baru, mari kita evaluasi sejenak apakah pencapaian resolusi hidup untuk tahun ini telah dicapai para sobat? Mungkin saja dari sepuluh resolusi yang telah digariskan tahun sebelumnya masih hanya baru tercapai sepersekian persen dari keseluruhan, atau mungkin belum ada yang dicapai.

Bercermin dari hasil evaluasi akan resolusi hidup, dimana untuk pencapaian sesuai dengan apa yang telah digariskan pada resolusi hidup di tahun baru diperlukan adanya tekad diri yang kuat dalam mewujudkannya. Resolusi dalam hal perbaikan diri misalnya tekad untuk disiplin diri bangun lebih awal, eat clean; detail mengkaji makanan yang dikonsumsi, disiplin berolahraga, membaca, disiplin waktu, pengendalian emosi dan lain sebagainya. Di samping itu, dibutuhkan kedisiplinan, kontrol akan target yang akan dicapai, serta evaluasi hasil.

Sederhananya, mengapa individu perlu adanya resolusi hidup? Ya, karena hidup ini harusnya bergerak maju kian hari, perkembangan diri menjadi lebih baik. Sebuah gambaran sederhana akan resolusi hidup yang dapat kita kaji misalnya resolusi untuk mendapatkan beasiswa pendidikan, maka dibutuhkan kedisiplinan dalam waktu belajar, kontrol tetang apa-apa saja yang harus dipelajari untuk meraih beasiswa, tekad dan disiplin diri menjadi kunci dalam pencapaian resolusi hidup. Kontrol akan proses dan progress yang telah dilakukan hingga evaluasi akan hasil yang telah diraih.

Resolusi tidak hanya dikaitkan pada diri sendiri, dapat juga resolusi akan hal lain. Akan tetapi resolusi hendaknya dimulai dari diri sendiri. Dengan adanya resolusi, individu menjadi lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu, sadar akan apa yang hendak dicapai, jelas serta terukur arahnya. Jadi, marilah para sobat menggariskan resolusi hidup untuk tahun baru, dimulai dengan langkah kecil dengan menuliskan keinginan yang akan dicapai di tahun depan. Dengan demikian, para sobat sudah siap dalam menyambut dan menyongsong tahun baru. So, Happy New Year 2020, guys.

By : 

1. Riny, SE, Ak, M.Si, CA, ACPA (Praktisi & Akademisi)

2. Darwin, S.Kom., M.Kom., CPS, CRSP, CH, BKP

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x